Kritik hukum Islam atas hukum acara peradilan agama dalam menyelesaikan perkara perceraian dan implementasinya di pengadilan dalam wilayah Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta

Rohman, Adi Nur (2022) Kritik hukum Islam atas hukum acara peradilan agama dalam menyelesaikan perkara perceraian dan implementasinya di pengadilan dalam wilayah Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Peradilan Agama merupakan lembaga peradilan Islam di Indonesia yang berwenang untuk menyelesaikan perkara-perkara di bidang hukum Islam termasuk perkara perceraian. Bangunan hukum acara Peradilan Agama dalam proses penyelesaian perkara perceraian sebagian besar masih merujuk kepada ketentuan hukum Barat (HIR dan RBg) sehingga hal tersebut disinyalir dapat memicu ketidakselarasan terhadap ketentuan hukum Islam yang bersifat devine law sebagaimana dalam sistem peradilan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Memotret dan menganalisis penerapan hukum acara Peradilan Agama dalam menyelesaikan perkara perceraian di Pengadilan Agama; 2) Mengetahui dan menganalisis kritik hukum Islam terhadap hukum acara Peradilan Agama dalam menyelesaikan perkara perceraian; 3) Mengetahui dan menganalisis kontribusi hukum Islam terhadap wacana pembaharuan hukum acara Peradilan Agama di bidang perceraian. Penelitian ini disandarkan pada beberapa teori sebagai landasan pemikiran; sebagai teori makro (grand theory) dihadirkan teori keadilan. Pada level pertengahan (middle range theory) dipilih teori kepastian hukum. Dan untuk tataran aplikatif (applied theory) dimunculkan teori kritik hukum dan teori mas}lah}ah}. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan yuridis empiris. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data-data sekunder meliputi (a) bahan hukum primer, (b) bahan hukum sekunder, dan (c) bahan hukum tersier yang diperoleh melalui studi kepustakaan (library research) dan wawancara. Data yang berhasil dihimpun dianalisis secara kualitatif dengan penguraian secara deskriptif analitis. Dari hasil penelitian didapat bahwa: Pertama, penerapan penyelesaian perkara perceraian di Pengadilan Agama secara umum telah sesuai dengan hukum acara yang berlaku di Peradilan Agama. Meski demikian, terdapat kondisi tertentu yang mengharuskan hakim untuk berinovasi melalui ijtihad. Kedua, tinjauan kritis hukum Islam perspektif kritik hukum transendental menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan perkara perceraian di Pengadilan Agama terdapat beberapa ketentuan yang belum sejalan dengan hukum Islam sehingga diperlukan adanya pembaharuan untuk lebih mendekati prinsip hukum Islam. Ketiga, rekomendasi pembaharuan hukum acara Peradilan Agama di bidang perceraian harus mampu menghadirkan hukum Islam secara lebih progresif. Kontribusi hukum Islam dalam wacana pembaharuan hukum acara Peradilan Agama bisa dilihat dari posisi hukum Islam sebagai a) sumber hukum dan bahan baku pembentuk hukum, b) positivasi/taqninisasi hukum Islam, maupun c) sebagai filter terhadap hukum positif dengan menghadirkan unsur maslahah didalamnya.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: hukum Islam; hukum acara; peradilan agama; perceraian
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Perceraian Menurut Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Pengadilan Islam, Qada'
Law
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Hukum Islam > Konsentrasi Hukum Keluarga
Depositing User: Adi Nur Rohman
Date Deposited: 16 Dec 2022 01:07
Last Modified: 16 Dec 2022 01:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61762

Actions (login required)

View Item View Item