Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI): Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah Kota Bandung

Muhamad, Ardin (2022) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI): Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya minat belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) menjadi latar belakang utama penelitian ini. Banyak siswa tampak tidak tertarik dan tidak fokus mengikuti pembelajaran. Dengan demikian, dibutuhkan model pembelajaran yang berbeda dari biasanya yang dapat memperbaiki minat belajar mereka terhadap pembelajaran SKI. Adapun model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pembelajaran SKI pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah Kota Bandung, Minat belajar SKI siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah Kota Bandung dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, dan pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada minat belajar SKI siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Metode tersebut digunakan karena dibutuhkan pemberian eksperimen atau perlakuan terhadap subjek yang diteliti berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Langkah-langkah penelitian ini adalah: membagi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perlakuan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Penelitian ini diikuti oleh 50 siswa di mana mereka mengisi angket yang disediakan yang terbagi dua ke dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh kemudian diuji dengan uji normalitas dan homogenitas data serta uji t bebas untuk uji hipotesis dengan berbantuan aplikasi SPSS statistik. Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dilaksanakan dengan interpretasi sangat efektif dengan memperoleh nilai persentase sebesar 81 %. Minat belajar SKI siswa kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol di mana nilai rata-rata angket minat kelas eksperimen yakni sebesar 187,6 dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh nilai rata-rata angket sebesar 180,52. Melalui uji t bebas diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap minat belajar SKI siswa memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran yang biasa diterapkan. Hal tersebut dilihat dari nilai t_hitung yang diperoleh lebih besar daripada nilai t_tabel yakni 2,837 > 2,001 dan nilai signifikansi yang lebih besar dari syarat taraf signifikansi yakni 0,407 > 0,005. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh terhadap minat belajar SKI siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: odel Pembelajaran Kooperatif; TGT; Minat Belajar; SKI
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Ardin
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:34
Last Modified: 20 Dec 2022 02:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61783

Actions (login required)

View Item View Item