Milah, Hilyatul (2022) Respon siswa terhadap pembelajaran tatap muka terbatas hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti : Penelitian pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
This is the latest version of this item.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (303kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4-1.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah berkenaan dengan adanya pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas setelah kurang lebih pelaksaan pembelajaran dilakukan secara daring akibat mewabahnya pandemi virus Covid-19. Pelaksanaan PTMT dimulai karena melandainya penyebaran virus Covid-19, dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Pelaksanaan PTMT diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang muncul akibat pembelajaran secara daring. Maka dari itu, penulis tertarik untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara respon siswa terhadap pembelajaran tatap muka terbatas hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAIBP Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui: 1) respon siswa terhadap PTMT, 2) hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAIBP, dan 3) hubungan antara respon siswa dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAIBP. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti salah satunya dipengaruhi oleh respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran tatap muka secara terbatas. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi respon siswa terhadap pembelajaran tatap muka terbatas, maka akan semakin baik hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kuantitatif dan metode korelasi. Penelitian ini di kelas VIII-C SMP Negeri 1 Cileunyi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan Observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknis analisis datanya yaitu : Analisis Parsial dan Analisis Korelasi. Hasil penelitian menunjukkan diperolehnya: 1) Respon siswa terhadap pembelajaran tatap muka terbatas berkategori sangat tinggi dengan skor akhir 4,49 yang berada pada interval 4,20-5,00, 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berkategori sangat baik dengan nilai 81,82 berada pada interval 80-100, 3) Respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berkategori cukup yang berada pada interval 0,26 – 0,50. Begitupun dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa t hitung sebesar 10,884 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t tabel 2,206 ini menandakan bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel, dapat diambil kesimpulan maka (Ha) diterima yang menyatakan bahwa adanya hubungan antara respon siswa terhadap pembelajaran tatap muka terbatas dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PTMT; Hasil Belajar Kognitif; PAI |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hilyatul Milah |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 03:14 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 03:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/61825 |
Available Versions of this Item
-
Respon Siswa terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Hubungannya dengan Hasil Belajar Kognitif mereka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian pada Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 1 Cileunyi. (deposited UNSPECIFIED)
- Respon siswa terhadap pembelajaran tatap muka terbatas hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti : Penelitian pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Cileunyi. (deposited 19 Dec 2022 03:14) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |