Putra, Riki Purnama (2022) Pengembangan Electronic Module berbasis Higher Order Thinking Virtual Laboratory pada materi gerak harmonik sederhana guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui kegiatan laboratorium. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
Abstract
Kegiatan laboratorium merupakan suatu kegiatan yang dimana peserta didik dapat secara leluasa melakukan eksperimen untuk membuktikan teori yang sudah dipahami sebelumnya, dan seharusnya dapat meningkatkan kemampuan Abad-21 seperti Kemampuan Berpikir Kritis. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik termasuk kedalam kategori yang rendah, dan guru juga masih menggunakan panduan kegiatan laboratorium tradisional. Penelitian pengembangan media e-module berbasis HOT-VL bertujuan untuk mengetahui 1) Tingkat kelayakan media e-module berbasis HOT-VL, 2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media e-module berbasis HOT-VL, 3) Peningkatan KBK peserta didik menggunakan e-module berbasis HOT-VL kelas X MIPA 1 MAN 1 Subang pada materi GHS. Subjek penelitian uji coba pengembangan media e-module berbasis HOT-VL berjumlah 30 orang peserta didik. Adapun hasil penelitian yang diperoleh meliputi: 1) Pengembangan media e-module berbasis HOT-VL menggunakan metode penelitian R&D dengan langkah model ADDIE memperoleh hasil kelayakan media yang sangat valid dengan persentase sebesar 88.783%, 2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media e-module berbasis HOT-VL memperoleh persentase rata-rata sebesar 86.75%, 3) Penggunaan media e-module berbasis HOT-VL pada kegiatan laboratorium GHS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kriti dengan perolehan skor n-gain sebesar 0.701 yang mendapatkan interpretasi tinggi. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu media e-module berbasis HOT-VL dapat diterapkan dalam kegiatan laboratorium fisika guna meningkatkan KBK peserta didik pada materi GHS.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HOT-VL; Kemampuan Berpikir Kritis; Media kegiatan laboratorium e-module |
Subjects: | Use of Other Information Media Social Interaction, Interpersonal Relations Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Riki Purnama Putra |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 00:50 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 00:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/61845 |
Actions (login required)
View Item |