Evaluasi kebijakan Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Nomor 3 tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Bandung nomor 2 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pasar di Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung

Yulandari, Fahreza Hasbi (2022) Evaluasi kebijakan Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Nomor 3 tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Bandung nomor 2 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pasar di Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gununf Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy

Abstract

Peneliti melakukan penelitian berkaitan dengan kebijakan Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Nomor 13 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Pasar. Masalah utama dari penelitian ini yaitu terdapat pelanggaran terkait jarak antara pasar tradisional dengan pasar modern yang berdekatan dan menyalahi aturan yang berlaku. Hal tersebut menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan sekitar khususnya untuk para pedagang pasar tradisional selain dapat menyebabkan terjadinya persaingan, keberadaan pasar modern yang berdekatan dengan pasar tradisional pun menyebabkan munculnya permasalahan lain seperti keberadaan PKL, parkir liar dan kemacetan di Kecamatan Bajaran Kabupaten Bandung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui evaluasi kebijakan penyelenggaraan pasar di Kabupaten Bandung. Penelitian ini mengacu kepada teori menurut William N Dunn mengenai evaluasi kebijakan. Menurut Dunn (2000:610), terdapat enam kriteria dalam evaluasi yaitu efektuvitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas dan ketepatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun lokasi penelitian ini adalah di Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung. Hasil Penelitian menunjukan bahwa evaluasi kebijakan publik dalam penyelenggaraan pasar di Kabupaten Bandung secara garis besar kebijakan penyelenggaraan pasar di Kabupaten Bandung harus dioptimalkan dalam pelaksanaannya dimana masih terdapat ketidaksesuaian yang terjadi dalam hal ketercapaian tujuannya. Hal ini dikarenakan kurangnya responsivitas pemerintah dalam menanggapi permasalahan yang terjadi, keterbatasan anggaran yang membuat kebijakan Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Pasar di Kabupaten Bandung belum sepenuhnya terealisasikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Kebijakan Publik; Pasar
Subjects: Public Administration
Public Administration > Public Administration in Socioeconomic Areas
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Fahreza Hasbi Yulandari
Date Deposited: 20 Dec 2022 06:21
Last Modified: 20 Dec 2022 06:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61860

Actions (login required)

View Item View Item