Konversi Agama Mualaf perantau Timor Timur pasca konflik Timor Timur 1999 : Studi kasus terhadap Mualaf Timor Timur di Yayasan Lemorai Timor Indonesia

Fajrin, Ayu Musalamah (2022) Konversi Agama Mualaf perantau Timor Timur pasca konflik Timor Timur 1999 : Studi kasus terhadap Mualaf Timor Timur di Yayasan Lemorai Timor Indonesia. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy

Abstract

Konflik yang terjadi pada tahun 1975-1999 di Timor Timur menciptakan situasi yang tidak kondusif. Mengakibatkan keadaan disorganisasi sosial serta disorientasi masyarakat. Masyarakat yang tidak terpuaskan oleh keadaan berusaha melakukan upaya pelarian yang disediakan situasi dengan merantau dan memilih menjadi WNI. Interaksi dengan masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam mempengaruhi keagamaan masyarakat perantau. Masyarakat perantau yang sudah siap menerima ideologi baru akibat runtuhnya struktur sosial yang melahirkan disorientasi mulai mengkonversi agamanya menjadi Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kasus konversi agama mualaf perantau asal Timor Timur, termasuk faktor-faktor konversi agama, proses konversi agama serta kehidupan sosial pasca konversi agama. Menggunakan metode penelitian studi kasus serta dianalisis menggunakan teori konversi agama Thomas F. Ode’a. Penelitian kualitatif ini menghasilkan bahwa kasus konversi agama perantau di Yayasan Lemorai Timor Indonesia disebabkan oleh kesiapan menerima ideologi baru akibat runtuhnya struktur sosial saat konflik serta interaksi dengan kebudayaan Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Melalui serangkaian proses konversi agama yang diawali dengan krisis akibat konflik, pencarian ideologi baru, pertemuan dengan pendukung tindakan konversi agama melahirkan komitmen terhadap Islam. Menerima Islam sebagai agama barunya dengan segala konsekuensi. Pasca konversi agama, para perantau ini mendirikan sebuah yayasan Lemorai Timor Indonesia di Sumedang yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan dengan menjadi garda terdepan dalam pembinaan mualaf asal Timor Timur serta membantu pendidikan anak-anak korban konflik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Interaksi; Konflik; Konversi
Subjects: Islam > Conversion of Non-Muslim to Islam
Social Process
Social Process > Conflict Social
Social Process > Conflict Resolution
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Ayu Musalamah Fajrin
Date Deposited: 19 Dec 2022 07:36
Last Modified: 19 Dec 2022 07:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/61866

Actions (login required)

View Item View Item