Penerapan media visual flipchart untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam

Nurhamzah, Nurhamzah and Rahman, Asep Andi (2016) Penerapan media visual flipchart untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, I (1). pp. 115-131. ISSN 2598-0971

[img]
Preview
Text (Full Text)
2016_Atthulab_Penerapan Media Visual Flipchart.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah dalam penggunaan media ketika waktu pembelajaran berlangsung. Di mana guru terlihat tidak pernah memakai media dalam proses pembelajaran. Sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap kegiatan belajar mengajar yang tidak efektif dan membuat siswa jenuh sehingga tidak terlatihnya siswa di dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan sejauh mana penggunaan media dalam pembelajaran khususnya media Visual Flipchart mampu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu yang bersifat kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa media Visual Flipchart mampu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Hal ini terlihat adanya peningkatan yang signifikan di kelas eksperimen.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Visual Flipchart; Memecahkan Masalah
Subjects: Education, Research
Education > General Publications of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurhamzah Nurhamzah Nurhamzah
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:21
Last Modified: 17 Apr 2023 07:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61892

Actions (login required)

View Item View Item