Strategi penyaluran dana zakat Maal melalui program pemberdayaan ekonomi umat : Studi di BAZNAS Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat

Oktaviani, Ridha Ruwaida (2022) Strategi penyaluran dana zakat Maal melalui program pemberdayaan ekonomi umat : Studi di BAZNAS Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (643kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy

Abstract

Menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat tahun 2019, jumlah penduduk miskin di Kota Bekasi berada pada 106.138 jiwa. Kemudian, pada tahun 2020 meningkat pesan hingga tercata di angka 152.002 jiwa. Dari 106.00 ke 152.00 di perkiraan penduduk miskin nik sebesar 37%. Penyaluran zakat berguna sebagai pemberdayaan ekonomi umat. Lebih lanjut, potensi zakat cukup besar untuk memberantas kemiskinan, membuka lapangan kerja, meningkatkan kesehatan umat, meningkatkan kualitas penduduk umat, dan sebagainya. Kemiskinan yang terjadi akan menambah jurang pemisah antara kaum kaya dan kaum miskin. Padahal dalam Islam telah mengajarkan kepada umatnya untuk berbuat baik kepada sesama, tidak terkecuali terhadap orang miskin dengan cara memberikan sedikit harta yaitu berupa zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penyaluran dana zakat maal yang dilakukan BAZNAS pada program pemberdayaan ekonomi umat., faktor penghambat dan pendukung penyaluran dana zakat maal. Manfaat penyaluran dana zakat maal melalui program pemberdayaan ekonomi umat. Teori yang digunakan oleh penulis yaitu George L. Morrisey memberikan definisi tersebut dalam bukunya “Guidelines for Strategic Thinking”. Strategi adalah pelengkap alami untuk visi dan misi.dan teori J. Ife: Pemberdayaan bertujuan untuk memberdayakan masyarakat yang rentan atau kurang beruntung Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan prosedur analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan datanya meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pihak-pihak yang menjadi partisipan dalam penelitian ini. Penelitian ini berkesimpulan Strategi yang digunakan BAZNAS dalam menyalurkan dana zakat menggunakan dua strategi dalam penyaluran yaitu: Penyaluran secara langsung adalah metode yang menggunakan teknik atau cara konsumsi, dan manfaatnya langsung dari Mustahik. Faktor pendukung yaitu: BAZNAS mempunyai beberapa mitra, Program ini sudah berjalan rutin dan besinerja dengan pihak kelurahan, BAZNAS bekerja sama dengan pihak bank. Faktor penghambat: Jumlah warga kota bekasi yang cukup banyak dalam kategori duafa, Kurangnya proses pemantauan manfaat penyaluran dana ini sangat efektif karena membantu mustahik memperoleh modal usaha dan mempengaruhi perekonomian Mustahik. Untuk keperluan pribadi (konsumtif) dan modal kerja (produktif).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dana Zakat; Pemberdayaan Ekonomi Umat
Subjects: Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Ridha Ruwaida Oktaviani
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:12
Last Modified: 21 Dec 2022 07:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61936

Actions (login required)

View Item View Item