Mutu pendidikan Madrasah: Penelitian di MTs Negeri Pusakanagara

Uspuriyah, Nining (2014) Mutu pendidikan Madrasah: Penelitian di MTs Negeri Pusakanagara. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)

Abstract

Manajemen peningkatan mutu Madrasah pada hakikatnya adalah, suatu strategi untuk memperbaiki mutu pendidikan dengan jalan pemberian kewenangan dan tanggung jawab pengambilan keputusan kepada Sekolah/Madrasah dengan melibatkan pastisipasi individual, baik personal Madrasah maupun anggota masyarakat. Dengan manajemen peningkatan mutu berbasih Madrasah akan membawa perubahan terhadap pola manajemen pendidikan dari sistem sentralisasi ke desentralisasi. Perbedaan situasi dan potensi yang dimiliki tidak menjadi hambatan dalam mengembangkan strategi peningkatan mutu pendidikan agar dapat bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya. Penelitian ini untuk mengetahui kondisi objektif, perencanaan strategi dan pelaksanaan strategi peningkatan mutu pendidikan Madrasah di MTs Negeri Pusakanagara. Disamping itu untuk mengetahui faktor penunjang dan faktor penghambat pelaksanaan strategi peningkatan mutu pendidikan Madrasah di MTs Negeri Pusakanagara. Berangkat dari kerangka pemikiran bahwa mutu di bidang pendidikan meliputi mutu input, proses, output, dan outcome. Peningkatan pendidikan diperoleh melalui dua strategi, yaitu peningkatan mutu pendidikan yang berorientasi akademis untuk memberi dasar minimal dalam perjalanan yang harus ditempuh mencapai mutu pendidikan yang dipersyaratkan oleh tuntutan zaman, dan peningkatkan mutu pendidikan yang berorientasi pada keterampilan hidup yang esensial yang dicakupi oleh pendidikan yang berlandasan luas, nyata, dan bermakna Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskripstif, data yang dikumpulkan adalah data utama kualitatif dan kuantitatif, sebagai penunjang data kualitatif berupa kata kata dan tertulis yang diperoleh melalui teknik wawancara, pengamatan/observasi, dan teknik menyalin. Keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, kecukupan referensial, analisis kasus negatife, uraian rinci, pengecekan keabsahan data. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di MTs Negeri Pusakanagara didukung oleh strategi strategi yang di lakukan dengan baik. Dalam pelaksanaan strategi peningkatan mutu pendidikan Madrasah di MTs Negeri Pusakanagara tidak lepas dari faktor penunjang dan penghambat dan diperlukannya upaya upaya untuk mengatasinya. Strategi peningkatan mutu pendidikan Madrasah yang dilakukan MTs Negeri Pusakanagara, memiliki strategi secara umum dan khusus, strategi secara umum berkaitan dengan hal hal yang mempunyai fungsi untuk pengembangan dan perbaikan pendidikan pada umumnya, sedangkan strategi peningkatan mutu pendidikan secara khusus dilakukan dengan cara memperbaiki kualitas pendidik dengan berbagai cara seperti diklat dan pelatihan keprofesionalan lainnya, serta memelihara keunggulan program MTs Negeri Pusakanagara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 29 May 2018 21:20
Last Modified: 29 May 2018 21:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6196

Actions (login required)

View Item View Item