Nurdiana, Pipih Epiah (2014) Metode pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange(GGE) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Cahaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (652kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil survey pada siswa MTs Negeri 1 Lakbok, Kab. Ciamis bahwa pembelajaran fisika yang telah dilaksanakan oleh guru siswa masih cenderung pasif, maka perlu adanya inovasi pembelajaran. Salah satu alternatif yang digunakan untuk membuat siswa aktif dan meningkatkan hasil belajar adalah metode pembelajaran aktif tipe group to group exchange. Metode pembelajaran aktif ini merupakan metode yang dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa dapat bertindak sebagai guru di depan siswa lainnya. Sehingga siswa dapat terlatih untuk mengungkapkan gagasannya di depan kelas. Penelitian ini terdiri dari tiga aspek kognitif, afektif dan psikomotor dengan sembilan indikator yang diperoleh melalui hasil pretest dan posttest berbentuk sembilan soal uraian, dan lembar observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-E MTs Negeri 1 Lakbok. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini antara lain: 1) keterlaksanaan metode pembelajaran aktif tipe group to group exchange berkategori baik dengan rata-rata keterlaksanaan 86,24%. 2) hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan pada hasil uji “Wilcoxon Match Pairs Test” dengan taraf signifikasi 0,05 diperoleh hasil Zhitung (4,37) > Ztabel (1,65). Besarnya peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata N-Gain sebesar 0,88 berkategori tinggi. 3) hasil belajar afektif dan psikomotor mengalami peningkatan setiap pertemuannya. Dengan demikian, metode pembelajaran aktif tipe group to group exchange dapat dijadikan salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group to Group Exchange; Hasil Belajar; Cahaya |
Subjects: | Physics > Research and Statistical Methods of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 29 May 2018 21:23 |
Last Modified: | 29 May 2018 21:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6199 |
Actions (login required)
View Item |