Model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Fluida Statis

Izzati, Rizqi Ulfah (2014) Model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Fluida Statis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (816kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan aspek kunci dari pembelajaran, melalui pemahaman konsep siswa dapat menguasai secara lengkap ciri dan sifat, penerapan dan pengembangan konsep yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMAN 13 Garut, nilai rata-rata tes pemahaman konsep siswa dalam pelajaran fisika masih tergolong rendah, yaitu 43,30. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran VAK pada materi fluida statis dan peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi fluida statis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design, dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ini yaitu kelas X MIA 3 yang berjumlah 32 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukan rata-rata seluruh pertemuan aktivitas guru sebesar 93,71% dan aktivitas siswa 90,37% yang termasuk pada kategori sangat baik. Selain itu terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi fluida statis dengan peningkatan sebesar 0,61 yang termasuk pada kategori sedang. Dengan demikian, model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi fluida statis

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Visual Auditori Kinestetik (VAK); pemahaman konsep; fluida statis
Subjects: Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 29 May 2018 21:24
Last Modified: 29 May 2018 21:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6203

Actions (login required)

View Item View Item