Pembiasaan perilaku Keagamaaan dan keteladanan guru hubungannya dengan sikap keberagamaan siswa di SMP IT Al-Jumhuriyyah Ciater Subang

Komalasari, Kokom (2022) Pembiasaan perilaku Keagamaaan dan keteladanan guru hubungannya dengan sikap keberagamaan siswa di SMP IT Al-Jumhuriyyah Ciater Subang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB)

Abstract

Meskipun mayoritas dari siswa sudah menunjukkan prilaku yang sangat religius, dan langkah pembiasaan perilaku keagamaan di SMP IT Al-Jumhuriyyah sudah dilaksanakan secara maksimal, namun ditemukan beberapa kendala yang menjadi factor penghambat terlaksanakanya proses pembiasaan perilaku keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji pengaruh pembiasaan perilaku kcagamaan terhadap sikap keberagamaan siswa di SMP IT Al-Jumhuriyyah; untuk menguji pengaruh keteladanan guru terhadap sikap keberagamaan siswa di SMP IT Al-Jumhuriyyah ; untuk menguji sejauhmana pembiasaan perilaku keagamaan siswa dan keteladanan guru pengaruhnya terhadap sikap keberagamaan siswa di SMP IT Al-Jumhuriyyah. Sikap keberagamaan sendiri terbentuk karena adanya integrasi secara kompleks antara keyakinan yang kuat terhadap ajaran agama (komponen kognitif), perasaan senang terhadap agama (komponen efektif) dan perilaku yang sesuai dengan ajaran agama (komponen konatif). sikap keberagamaan bukan merupakan bawaan, melainkan perolehan atau bentukan setelah lahir. Sikap keberagamaan terbentuk melalui pengalaman langsung melalui interaksi dengan berbagai unsur lingkungan sosial, misalnya hasil kebudayaan, orang tua, keteladanan guru, teman sebaya, proses pembiasaan dan sebagainya. Pendekatan penelitian yang dilaksanakan peneliti pada penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian menggunakan metode survai. Penelitian ini mengambil populasi semua siswa di SMP IT Al-Jumhuriyyah sebanyak 398 siswa. Dari populasi tersebut diambil 15 % dari populasi sehingga jumlah sampelnya 60 siswa. Hasil Penelitian menunjukan Pembiasaan perilaku keagamaan atau (X1) berkorelasi positif dan signifikan terhadap sikap keberagamaan siswa (Y) hal tersebut ditunjukan dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,768. dengan mengikuti model persamaan regresi (Y) sebesar Y = 178,51 + 2,2 X, koefisien determinasi menunjukan angka sebesar = 0,590 atau 59,0 persen, artinya sikap keberagamaan siswa salah satunya ditentukan oleh kontribusi variable pembiasaan perilaku keagamaan sebesar 59,0 persen. Keteladan guru (X2) berkorelasi positif dan signifikan terhadap sikap keberagamaan siswa (Y) hal tersebut ditunjukan dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,788, dengan mengikuti model persamaan regresi (Y) =106,19 + 5,22 X, koefisiensi determinasi menunjukan angka sebesar = 0,621 atau 62,1 persen, artinya sikap keberagamaan siswa salah satunya ditentukan oleh kontribusi variable keteladanan guru sebesar 62,1 persen. Pembiasaan perilaku keagamaan dan keteladanan guru secara besama sama berhubungan dengan sikap keberagamaan siswa secara positif dan signifikan, hal tersebut ditunjukan dengan koefisien korelasi bersama-sama sebesar = 0,816 dengan mengikuti model persamaan regresi Y= 97, 878 + 1.079 X1+ 3.206 X2. Kontribusi kedua variable tersebut ditunjukan dengan koefisien determinasi sebesar = 0,666 yang yang artinya 66,6 persen sikap keberagamaan siswa diantaranya ditentukan oleh perilaku keagamaan dan keteladanan guru secara bersama sama sebesar = 66,6 persen.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sikap Keberagamaan; Keteladanan Guru; Pembiasaan perilaku Keagamaan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: kokom komalasari MT
Date Deposited: 21 Dec 2022 09:50
Last Modified: 21 Dec 2022 09:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62030

Actions (login required)

View Item View Item