Agustini, Puzi (2015) Hubungan antara respons siswa terhadap pembelajaran berbasis proyek dengan keterampilan proses Sains siswa pada materi daur ulang limbah: Penelitian terhadap Siswa Kelas X SMAN 26 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (818kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (823kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
Abstract
Proses kegiatan belajar mengajar biologi dikelas pada materi daur ulang limbah tidak jarang hanya memakai buku sebagai bahan ajar sehingga siswa hanya membaca materi yang terdapat pada buku dengan guru sebagai penceramah. Jika seperti ini, siswa tidak dilatih untuk memecahkan masalah lingkungan dan membuat produk daur ulang limbah seperti tuntutan kurikulum 2013 yang terdapat pada kompetensi dasar, sehingga berimbas pada rendahnya respons siswa terhadap pembelajaran dan juga berpengaruh pada minimnya keterampilan proses yang siswa dapatkan. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat dijadikan solusi atas permasalahan tersebut adalah pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara respons siswa terhadap pembelajaran berbasis proyek dengan keterampilan proses sains siswa pada materi daur ulang limbah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional dengan melibatkan subjek penelitian sebanyak satu kelas, yaitu kelas X MIA 5 di SMAN 26 Bandung. Data mengenai keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa diperoleh dari lembar observasi, sedangkan data hubungan antara respons siswa terhadap pembelajaran berbasis proyek dengan keterampilan proses sains siswa pada materi daur ulang limbah diperoleh dari soal tes KPS dan lembar angket yang kemudian dilakukan perhitungan analisis korelasi rank order. Berdasarkan data yang diperoleh, nilai keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran berbasis proyek ini berkategori sangat baik (87.61%). Respons siswa terhadap pembelajaran berbasis proyek berkategori kuat (76.26%). Keterampilan proses sains siswa berkategori cukup (65.11%). Hubungan antara respons siswa terhadap pembelajaran berbasis proyek dengan keterampilan proses sains siswa pada materi daur ulang limbah sebesar 0.59 dengan kategori sedang. Kadar pengaruh 34.81%, yang berarti 65.19% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 29 May 2018 21:32 |
Last Modified: | 29 May 2018 21:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6204 |
Actions (login required)
View Item |