Pemahaman Wartawan Galamedia Mengenai Kode Etik Jurnalistik: Studi Fenomenologi Pemahaman Kode Etik Jurnalistik Pasal 2 tahun 2006

Akbar, Juang Restu (2017) Pemahaman Wartawan Galamedia Mengenai Kode Etik Jurnalistik: Studi Fenomenologi Pemahaman Kode Etik Jurnalistik Pasal 2 tahun 2006. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)

Abstract

Wartawan dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Pelaksanaan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) merupakan salah satu barometer bagi wartawan dalam menyebarluaskan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan kepada khalayak. Sebagai pedoman, serta tuntutan profesi. Kode Etik Jurnalistik (KEJ) tidak hanya sebagai nilai-nilai yang ideal saja, tetapi harus terkait langsung dengan praktik jurnalistik, meski pada kenyataannya, penerapan Kode Etik Jurnalistik menjadi hal yang kurang diperhatikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman wartawan Galamedia mengenai Kode Etik Jurnalistik dari aspek (kognisi, afeksi dan konasi). Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi yakni mengetahui dunia dari sudut pandang orang yang mengalaminya secara langsung atau berkaitan dengan sifat-sifat alami pengalaman manusia, dan makna yang ditempelkan padanya. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma kontruktivisme yang menjelaskan bahwa aktifitas manusia itu merupakan aktivitas mengkontruksi realitas, dan hasilnya tidak merupakan kebenaran yang tetap, tetapi selalu berkembang terus. Hasil penelitian terbagi menjadi tiga, yakni (1) Aspek Kognisi pemahaman wartawan mengenai KEJ pasal 2 terbagi menjadi dua kelompok diantaranya, (a) Informan yang memahami Kode Etik Jurnalistik Sebagai Pedoman (b) Informan yang memahami Kode Etik Jurnalistik sebagai batasan. (2) Aspek Afeksi pemahaman wartawan mengenai KEJ pasal 2 terbagi menjadi dua kelompok diantaranya, (a) Informan yang merasa dilema ketika harus mentaati KEJ (b) Informan yang merasa dibatasi ketika harus mentaati KEJ. (3) Aspek Konasi pemahaman wartawan mengenai KEJ pasal 2 menjadi satu kategori yaitu, informan cenderung mempertahankan Kode Etik Jurnalistik, namun adapun alasan informan mempertahankan Kode Etik jurnalistik dalam pekerjaannya yaitu (a) informan mempertahankan Kode Etik Jurnalistik karena menganggap bahwa KEJ adalah pegangan bagi seluruh wartawan, (b) informan mempertahankan Kode Etik Jurnalistik karena menganggap bahwa KEJ adalah aturan yang mengikat bagi seluruh wartawan. Hasil yang didapat adalah seluruh informan mempertahankan Kode Etik Jurnalistik dalam melakukan pekerjaannya Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah bahwa wartawan di Galamedia memahami dalam pentingnya mentaati Kode Etik Jurnalistik khususnya pada pasal 2 serta aturan yang ada pada Kode Etik lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Wartawan; Kode Etik Jurnalistik
Subjects: Use of Other Information Media > Reading and Use of Other Information Media by Young People
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 13 Feb 2018 06:56
Last Modified: 13 Feb 2018 06:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6208

Actions (login required)

View Item View Item