Pengaruh penggunaan media online di masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa : Penelitian di SMK Negeri Kasomalang Subang

Taofik, Ahmad (2022) Pengaruh penggunaan media online di masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa : Penelitian di SMK Negeri Kasomalang Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi terkait pembelajaran yang dilaksanakan secara online. Adapun langkah-langkah yang sudah diterapkan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa diantaranya adalah. Menggunakan metode pembelajaran yang interaktif. Namun realitanya di SMK Negeri Kasomalang masih terdapat kendala saat kegiatan belajar mengajar berlangsung secara online, Aktivitas belajar masih lemah, kurangnya motivasi belajar siswa juga kesenjangan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan bagaimana pembelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) melalui media online di masa pandemi Covid-19, menganalisis aktivitas belajar dan hasil belajar yang dilakukan secara online di SMK Negeri Kasomalang, mengetahui pengaruh penggunaan media online dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19, di SMK Negeri Kasomalang Subang. Penelitian ini berpijak dari teori yang menyatakan bahwa didalam sistem pembelajaran online terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar, Melalui pembelajaran online yang interaktif dan komunikatif, akan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yaitu deskriptif korelasional dengan menggunakan metode korelasi untuk mengetahui (1) realitas pembelajaran online, (2) realitas aktivitas belajar siswa, (3) realitas hasil belajar siswa, (4) pengaruh variabel independen penggunaan media online di masa pandemi dilambangkan variabel X terhadap variabel dependen yaitu aktivitas belajar siswa Y1, (5) pengaruh variabel independen penggunaan media online di masa pandemi dilambangkan variabel X terhadap hasil belajar siswa variabel Y2. Berdasarkan hasil analisi kuantitatif diperoleh hasil bahwa: (1) Realitas pembelajaran pendidikan agama Islam melalui media online termasuk kategori tinggi, dengan skor 63 yang berada pada interval 60-81. (2) Realitas aktivitas belajar siswa termasuk kategori cukup, dengan skor 52 yang berada pada interval 40-60 (3). Realitas hasil belajar siswa termasuk kategori cukup dengan skor 55 yang berada pada interval 40-60. (4) Pengaruh penggunaan media online terhadap aktivitas belajar Siswa positif dan signifikan dengan nilai koofisien korelasi sebesar 0,62 sama dengan 62 % dengan kategori tinggi berada pada interval 60-80. Yang artinya bahwa aktivitas belajar siswa di masa pandemi covid-19 meningkat dengan di terapkannya pembelajaran PAI melalui media online sebesar 62 %. (5) Pengaruh penggunaan media online terhadap hasil belajar siswa positif dan signifikan dengan nilai koofesien korelasi sebesar 0,80 sama dengan 80 % dengan kategori sangat tinggi berada pada interval 80-100. yang artinya hasil belajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh penggunaan media online sebesar 80 %. Sedangkan sisanya sebesar 20 % dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; PAI; Media Online; di Masa; Pandemi
Subjects: Adult Education > Distance Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: dilgib Ahmad Taofik
Date Deposited: 22 Dec 2022 01:31
Last Modified: 22 Dec 2022 01:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62089

Actions (login required)

View Item View Item