Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) terhadap Earning Per Share (EPS): Studi pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2020.

priana, Hera Apianti (2022) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) terhadap Earning Per Share (EPS): Studi pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan bagi seorang investor memutuskan melakukan investasi yang bisa di tentukan dengan cara menganalisis saham dengan memperhatikan Earning Per Share pada perusahaan guna mengetahui tingkat keuntungan bersih suatu perusahaan dengan membandingkan keuntungan bersih perusahaan dengan jumlah lembar saham yang beredar. Maka hal tersebut akan mempengaruhi seorang investor dalam memutuskan berinvestasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan yang terdiri dari Debt to Equity Ratio dan Current Ratio terhadap Earning Per Share secara parsial dan simultan pada perusahaan manufaktur sub sekor industry makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013 -2020. Metode yang ditetapkan pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini melalui perantara dengan melakukan browsing laporan keuangan dan tahunan pada situs web www.idx.co.id dan situs web pada masing-masing perusahaan dengan menggunakan data 8 tahun dari 2013-2020. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan terdapat 5 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini dari 26 populasi. Secara parsial Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap Earning Per Share pada perusahaan manufaktur sub sector industry makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2020. Secara parsial Current Ratio (CR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Earning Per Share pada perusahaan manufaktur sub sector industry makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2020. Secara simultan variable DER dan CR berpengaruh signfikan terhadap Earning Per Share, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 5.243358, sementara F tabel dengan tingkat alpha = 5% dan df1 (k − 1) = 2 dan df2 (n − k) = 37, diperoleh F tabel sebesar 3,252.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: debt to equity ratio; current ratio; earning per share; keuangan; investasi
Subjects: Financial Economics, Finance > Investment
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Hera Apianti Priana
Date Deposited: 22 Dec 2022 04:33
Last Modified: 22 Dec 2022 04:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62100

Actions (login required)

View Item View Item