Pengembangan wisata dalam meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir : Studi Deskriptif Kampung Tanjung Kait Desa Tanjung Anom Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang Banten

Rahmadi, Riyan (2022) Pengembangan wisata dalam meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir : Studi Deskriptif Kampung Tanjung Kait Desa Tanjung Anom Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang Banten. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Perekonomian menjadi salah satu aspek yang penting dalam kehidupan masyarakat. Dengan begitu masyarakat adalah pelaku utama dalam menciptakan kesejahteraan. Pada dasarnya masyarakatlah yang lebih mengetahui apa yang mereka butuhkan dengan di dasarkan kepekaan dan kesadaran masyarakat itu sendiri. dalam memenuhi apa yang diharapkan maka dibuatlah program pengembangan ekonomi salah satunya yaitu pengembangan wisata bagan pancing sebagai upaya pengembangan potensi wisata dan pemberdayaan sumber daya manusia dalam bidang perekonomian.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program pengembangan yang dilakukan, implementasi program, sampai hasil pengembangan serta pemberdayaan program yang dilakukan oleh masyarakat nelayan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di daerah Kampung Tanjung Kait yang terus mencari inovasi dan ide-ide untuk bisa mengembangkan potensi yang dimiliki sehingga mencapai pada keberasilan dan tujuan program.Penelitian ini melalui pendekatan teori pengembangan menurut Alwi Hasan yang mengungkapkan bahwa pengembangan merupakan suatu prosedur, metode, atau teknik tertentu yang menjadikan sesuatu lebih menguntungkan, aman, berhasil, meningkat, dan memuaskan dan Kennedy & Kennedy berpendapat bahwaasannya pengembangan ekonomi bertujuan untuk membangun ekonomi lokal dengan berbagai cara yang tidak selalu bergantung pada sektor eksternal dan aktivitas ekonomi lokal.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks pengembangan Wisata. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan yang dilaksanakan oleh para masyarakat nelayan dengan melalui pengembangan wisata bagan pancing. Proses pelaksanaan program ini melewati tahap perencanaan, tahap pelaksanaan serta monitoring dan evaluasi. Hasil pengembangan dapat meningkatkan wawasan dan ilmu baru bagi masyarakat, timbulnya kesadaran akan potensi alam yang dapat dikembangkan, timbulnya partisipasi masyarakat terhadap kegiatan serta meningkatkan ekonomi masyarakat agar lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Wisata; Ekonomi; Nelayan; pesisir
Subjects: Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Riyan Rahmadi
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:02
Last Modified: 22 Dec 2022 06:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62142

Actions (login required)

View Item View Item