Standar kelayakan berita online sebagai sumber pemberitaan dalam liputan media televisi: Studi kualitatif reporter Kompas TV Jawa Barat

Rahayu, Ayu (2022) Standar kelayakan berita online sebagai sumber pemberitaan dalam liputan media televisi: Studi kualitatif reporter Kompas TV Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena perkembangan teknlogi sangat pesat, hal ini sangat berubungan dengan kebutuhan manusia akan informasi dan teknologi guna melengkapi kebutuhan khalayak. Hadirnya berita online merupakan salah satu media yang bisa di akses dan banyak dikunjugi di Tanah Air Kompas.com sebagi layaknya media online. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui pandangan reporter mengenai Standar Kelayakan Berita. Teruma terkait dengan pandangan mengenai aspek penting,menarik,aktual dan faktual. Penelitian ini menggunakan teori gatekeeping yang diperkenalkan oleh Kurt Levin (1947), yang menekankan adanya peran krusial dari para penjaga gerbang atau yang disebut gatekeeper. Teori gatekeeping bertujuan untuk menjelaskan arus informasi dan media ke publik, dalam proses ini media beserta individu-individu (mediator) mencerna informasi dan melaporkannya kepada pemirsa dalam bentuk berita jadi yang lebih ramah public. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif dapat upaya peneliti mengumpulkan data yang didasarkan pada latar alamiah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa standar kelayakan berita online itu mei dampak yang sangat berpengaruh melalui aspek penting, aspek menarik,aspek aktual dan aspek aktual. Seorang reporter Kompas TV Jawa Barat harus memiliki pengetahuan yang luas dan memiliki keterampilan berkomunikasi, bekerja sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berita Online; Reporter; Media Televisi
Subjects: Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Depositing User: Ayu Rahayu
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:24
Last Modified: 23 Dec 2022 02:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62184

Actions (login required)

View Item View Item