Nulina, Hana (2022) Pengaruh motivasi berprestasi dan dukungan sosial mahasiswa terhadap Flow Akademik pada masa Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab 1.pdf Download (418kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
Abstract
Fokus dan menikmati prosesnya belajar dan mengerjakan tugas adalah hal yang seharusnya dimiliki seorang mahasiswa agar mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Tidak semua mahasiswa dapat merasakan fokus dan menikmati proses belajar, terlebih adanya covid-19 yang merubah sistem pembelajaran, interaksi dengan teman menurun dan perubahan lainnya. Dalam studi awal yang telah dilakukan di fakultas psikologi bahwa dalam proses pembelajaran online 90% dari mereka merasa bosan, jenuh, pusing dan tertekan dalam menjalaninya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh motivasi berprestasi dan dukungan sosial terhadap flow akademik. Subjek penelitian ini sebanyak 234 orang mahasiswa psikologi UIN Bandung pada angkatan 2020, 2019, 2018. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengambilan data nya menggunakan probability sampling dengan teknik proportional stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah LIS (The Flow Inventory for Student) yang disusun oleh Yuwanto pada variabel Flow akademik yang merujuk pada teori Csikszentmihalyi dan Bakker, variabel motivasi berprestasi alat ukurnya mengacu pada teori dan aspek dari McClelland dan dukungan sosial mengacu pada teori dan aspek-aspek Sarafino. Analisis data diolah menggunakan program SPSS for windows versi 20. Berdasarkan hasil analisis regresi ganda diperoleh Fhitung sebesar 22.880 dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0.000 (p<0.05) sehingga hasilnya adalah bahwa terdapat pengaruh motivasi berprestasi dan dukungan sosial terhadap flow akademik pada mahasiswa psikologi UIN Bandung. Pada penelitian ini menemukan bahwa dukungan sosial memiliki pengaruh yang kecil terhadap flow akademik tatapi motivasi berprestasi memiliki pengaruh yang tinggi, sehingga jika peneliti lain tertarik dengan penemuan ini dapat dilakuakan penelitian dukungan sosial, jika motivasi berprestasi menjadi moderator untuk mencapai flow akademik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | flow akademik; motivasi berprestasi; dukungan sosial |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Environmental Psychology Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Hana Nurlina |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 06:01 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 06:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62207 |
Actions (login required)
View Item |