Peran Kelompok Tani Ternak Itik (KTTI) dalam meningkatkan kesejahteraan anggota : Studi deskriptif di Desa Pesurungan Lor, Kecamatan Margadana, Kota Tegal

Prasetiyo, Aditiya (2022) Peran Kelompok Tani Ternak Itik (KTTI) dalam meningkatkan kesejahteraan anggota : Studi deskriptif di Desa Pesurungan Lor, Kecamatan Margadana, Kota Tegal. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Potensi alam yang tersisa dimanfaatkan oleh masyarakat lokal sebagai lahan produksi dengan membentuk Kelompok Tani Ternak Itik (KTTI). Antusias masyarakat lokal dalam beternak sempat mengalami degradasi ketika wabah flu burung. Anggota kelompok yang tersisa mampu bertahan hingga melakukan revitalisasi kegiatan ternaknya. Hal tersebut dipengaruhi oleh perombakan sistem kelompok dan dibantu oleh pemerintahan agar eksistensi kelompok dan produknya kembali dalam membantu berkembangnya ekonomi bagi anggota serta turut membantu stabilitas ketahanan pangan nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa program, strategi dan menguraikan keberhasilan Kelompok Tani Ternak Itik (KTTI) Desa Pesurungan Lor dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Penelitian ini dilandasi oleh teori pertumbuhan ekonomi dari Sukirno yang menyatakan bahwa kegiatan pertumbuhan perekonomian yang menyebabkan tersedianya barang maupun jasa yang diproduksi oleh masyarakat dan bertujuan demi peningkatan kemakmuran masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan paradigma kontrutivisme dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara semi terstruktur dengan narasumber dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis menggunakan tafsir logika yang dihubungkan dengan konteks pengembangan masyarakat. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: Pertama, Kelompok Tani Ternak Itik (KTTI) memiliki beberapa program seperti pembinaan kesehatan, penetasan itik, penggemukan itik, permodalan dan kemitraan. Kedua, strategi yang dilakukan oleh anggota antara lain meningkatkan kualitas produk, pengendalian pakan, pengelolaan penjualan dan memperluas kemitraan. Ketiga, keberhasilan yang didapat antara lain ialah kondisi pendidikan dalam keluarga meningkat, meningkatnya pendapatan bagi anggota, perubahan keadaan tempat tinggal, harapan hidup bagi keluarga anggota, dan tersedianya lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Secara umum, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kelompok Tani Ternak Itik (KTTI) sangat berperan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggota.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kelompok Tani Ternak Itik (KTTI); Kesejahteraan Anggota; PeranKelompok Tani.
Subjects: Production, Industrial Economics > General Production Economics, Firm
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Animal Husbandry > Ranch Animals
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Aditiya Prasetiyo
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:39
Last Modified: 26 Dec 2022 02:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62254

Actions (login required)

View Item View Item