Penerapan model pembelajaran RADEC untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi daur ulang limbah

Nosita, Nosita (2022) Penerapan model pembelajaran RADEC untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi daur ulang limbah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Dajti Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Learning loss merupakan salah satu fenomena belajar yang hadir akibat dari pembelajaran jarak jauh, fenomena ini membawa dadmpak negatif pada salah satu keterampilan yang dibutuhkan pada abad 21, yaitu keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menderskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan menggunakan model RADEC, serta mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan model RADEC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi penelitian merupakan peserta didik dari kelas X MIPA MAN 1 Subang, dengan sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas sampel yaitu X MIPA 4. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, soal tes (pretest dan posttest), serta angket respon. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata nilai sebesar 97%. Hasil uji hipotesis diperoleh Sig.(2 tailed) lebih kecil daripada 0,05, maka Ho ditolak dan HI diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan model RADEC memperoleh rata-rata persentase sebesar 80% dan termasuk dalam kategori “baik”. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran RADEC mendapat tanggapan yang positif dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Daur ulang limbah ; Keterampilan berpikir kreatif; Model Radec
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nosita Usman
Date Deposited: 26 Dec 2022 01:38
Last Modified: 26 Dec 2022 01:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62281

Actions (login required)

View Item View Item