Atifah, Laila (2022) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa kelas V SD Sedunia pada pembelajaran tematik : Penelitian tindakan kelas di SD Sedunia Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (160kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh hasil wawancara dengan wali kelas dan hasil observasi dalam proses pembelajaran di kelas V SD Sedunia, bahwa pada saat pembelajaran keterampilan komunikasi siswa masih kurang, beberapa siswa tidak memperhatikan guru, komunikasi antar siswa, kurang, siswa kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat, saat diskusi kelompok hanya beberapa siswa yang dominan berbicara, model yang digunakan kurang bervariasi, timbal balik antar guru dan siswa kurang, sehingga persentase rata-rata keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik rendah. Tujuan penelitian ini diarahkan untuk mengetahui: (1) keterampilan komunikasi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks, (2) gambaran proses pembelajaran dengan diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks, (3) peningkatan keterampilan komunikasi pada setiap siklusnya saat diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks. Model kooperatif tipe pair checks merupakan model pembelajaran kelompok terdiri dari dua orang atau berpasangan, yang berperan sebagai pelatih dan partner. Model ini memiliki keunggulan melatih kesabaran siswa dalam belajar berfikir serta memberi kesempatan membimbing pasangannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, lembar observasi keterampilan komunikasi digunkan setiap siklus, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Sedunia yang berjumlah 24 siswa. Keterampilan komunikasi siswa pada tahap pra siklus sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Sedunia memperoleh 30,20% dengan kategori jelek. Adapun gambaran proses pembelajaran dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dilihat dari aktivitas guru dan siswa, aktivitas siswa pada siklus I mencapai 72% dengan kategori cukup, lalu meningkat pada siklus II mencapai 76% dengan kategori baik, dan meningkat di siklus III mencapai 83% dengan kategori baik. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I mencapai 67% dengan kategori cukup, lalu meningkat pada siklus II sebesar 83% dengan kategori baik, dan meningkat pada siklus III mencapai 92% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil keterampilan komunikasi siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks memiliki rata-rata persentase pada siklus I sebanyak 45,83% dengan kategori kurang, lalu meningkat pada siklus II sebesar 57,29% dengan kategori cukup, dan pada siklus III sebesar 76,04% dengan kategori baik. Maka, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa di kelas V SD Sedunia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif Tipe Pair Checks; Keterampilan Komunikasi; Pembelajaran Tematik |
Subjects: | Cooperative Cooperative > Cooperative of Indonesia Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Laila Atifah |
Date Deposited: | 26 Dec 2022 03:14 |
Last Modified: | 26 Dec 2022 03:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62289 |
Actions (login required)
View Item |