Rahmayanti, Metta (2014) Citra Perempuan dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotik Makna Pesan Nonverbal dalam Iklan Wardah Exclusive Series “Dewi Sandra in Paris”). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (334kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (664kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
Abstract
Iklan televisi merupakan media komunikasi massa yang dapat menampilkan tata rupa, tata rungu, serta gerak secara bersamaan. Dalam dunia periklanan dewasa ini, iklan paling menonjol adalah produk kecantikan, salah satunya adalah Wardah. Banyak anggapan budaya di masyarakat yang menempatkan perempuan dalam posisi subordinat dan marginal. Televisi sebagai media elektronik, turut mencitrakan perempuan sebagaimana yang digambarkan dalam masyarakat melalui iklan berbagai produk. Seringkali, iklan di media juga menambahi stereotype dan pelabelan negatif terhadap perempuan. Hal itu berdampak pada pencitraan terhadap perempuan di masyarakat, karena apa yang digambarkan oleh media akan berkaitan dan berpengaruh terhadap nilai-nilai yang berkembang dan diyakini oleh masyarakat. Penelitian yang bertujuan untuk memahami citra perempuan dalam iklan di televisi ini menggunakan teknik analisis semiotika iklan yang menggunakan jenis alat analisis yaitu analisis interteks (Intertekstualitas). Analisis interteks dilakukan dengan cara menganalisis arti sosial dan makna yang ditangkap penonton terhadap iklan yang ditayangkan dalam media televisi. Objek kajian dalam penelitian ini adalah iklan di televisi. Hasil penelitian menunjukkan Iklan Wardah Exclusive Series “Dewi Sandra in Paris” ini merupakan iklan produk komersial yang memiliki andil dalam paradigma baru tentang feminitas dan kecantikan, dan menghadirkan kenyataan-kenyataan baru (new realities) tentang relasi gender. Hal itu dimulai ketika Wardah mengkampanyekan dalam acara “Beauty is in you”. Beragam aktivitas dan suguhan spesial ini menjadi komitmen nyata dukungan penuh Wardah kepada dunia fashion dan tata rias muslim Indonesia. Dengan mengusung tema “Earth, Love, Life”, para ikon Wardah ingin menularkan rasa nyaman dengan menjadi diri sendiri kepada seruluh perempuan. Ini merupakan salah satu langkah Wardah untuk menciptakan citra dan menumbuhkan kepercayaan dalam diri perempuan muslim Indonesia. Walau terdapat gambaran baru tentang perempuan, namun secara umum citra perempuan belum banyak bergeser sehingga kesetaraan gender masih perlu diperjuangkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Administration of Economy > Administration of Commerce |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Users 3781 not found. |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 09:25 |
Last Modified: | 03 Jul 2018 09:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6233 |
Actions (login required)
View Item |