Perubahan perilaku mahasiswa pengguna pinjaman online ilegal di era pandemi: Kasus mahasiswa Universitas Pasundan dan Universitas Widyatama kota Bandung

Nugraha, Muhammad Ilham (2022) Perubahan perilaku mahasiswa pengguna pinjaman online ilegal di era pandemi: Kasus mahasiswa Universitas Pasundan dan Universitas Widyatama kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pengguna jasa pinjol ilegal sangat marak terjadi terutama dikalangan mahasiswa karena berperilaku konsumtif dan hedonisme terjerumus masuk menggunakan jasa keuangan pinjaman online illegal ini, seperti yang telah saya cermati di dua kampus di Kota Bandung, yaitu Universitas Pasundan dan Universitas Widyatama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahu alasan mahasiswa Universitas Pasundan dan Universitas Widyatama tertarik dengan pinjol ilegal. Fakktor yang membuat Mahasiswa Pasundan dan Universitas Widyatama menggunakan pinjol. Perubahan gaya hidup mahasiswa Universitas Pasundan serta Universitas Widyatama sebelum dan sesudah melakukan pinjol ilegal. Teori yang digunakan terhadap penelitian ini memakai Teori Tindakan Sosial Max Weber, merupakan tindakan individu sepanjang tindakan itu bermakna subjektif bagi dirinya dan diarahkan kepada tindakan orang lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan metode deskriptif dengan mendeskripsikan secara empiris kondisi dilapangan. Sumber data terdiri dari sumber data primer yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Adapun sumber data sekunder didapatkan melalui teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman meliputi reduksi data, representasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan maraknya penggunaan pinjaman online di kalangan mahasiswa dipengaruhi oleh lingkungan sosial yang menuntut berperilaku konsumtif dan gaya hidup hedonisme akibat dorongan pergaulan. Selain itu masih terdapat banyak alasan atau motif mahasiswa menggunakan pinjaman online seperti memang terdesak membutuhkan uang atau memang untuk kebutuhan gaya hidup mereka. Fator yang membuat mahasiswa tertarik dengan pinjaman online ilegal dipengaruhi beberapa faktor yaitu: a) faktor budaya; b) faktor sosial; c) faktor psikologis mempengaruhi karena usia mahasiswa masih pada. Perubahan gaya hidup mahasiswa sebelum adanya layanan pinjaman online mahasiswa dalam mengikuti gaya hidup mereka berusaha mengikuti tuntutan lingkungan tersebut, namun terkenda keterbatasan financial. Sedangkan setelah adanya layanan pinjaman online secara tidak langsung akan membentuk sikap hedonisme, memaksakan diri sendiri untuk diakui teman, dan tidak bisa mengontrol diri terhadap hal yang positif atau negatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konsumtif; Mahasiswa; Pinjaman Online
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Social Process > Social Control
Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhammad ilham nugraha
Date Deposited: 28 Dec 2022 08:05
Last Modified: 28 Dec 2022 08:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62453

Actions (login required)

View Item View Item