Yuazza, Ayu (2022) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak hubungannya dengan akhlak mereka di sekolah: Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Al-Faridiyah Cibuaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (258kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yaitu berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa pembelajaran akidah akhlak mendapat tanggapan yang cukup positif dari siswa, namun disisi lain masih banyak akhlak mereka yang kurang baik di sekolah. Hal itu menunjukan adanya permasalahan yang menarik untuk diteliti, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak di MTs Al-Faridiyah Cibuaya, 2) Akhlak siswa kelas di MTs Al-Faridiyah Cibuaya, 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak dengan akhlak mereka di sekolah. Penelitian ini sesuai dari kajian teoretis yang menyatakan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi akhlak diantaranya pembelajaran dan hasil belajar siswa terhadap teori-teori atau materi yang berhubungan dengan akhlak. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak dengan akhlak mereka di sekolah. Artinya semakin baik tanggapan siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak maka semakin baik pula akhlak siswa di sekolah begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Responden 35 siswa kelas VIII A MTs Al-Faridiyah Cibuaya. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sementara analisis datanya menggunakan analisi persial, dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak berkategori baik dengan perolehan skor 3,44 yang berada pada interval 3.40 – 4.19. 2) Realitas akhlak siswa kelas VIII di MTs Al-Faridiyah Cibuaya berkategori baik dengan perolehan skor 3,97 yang berada pada interval 3.40 – 4.19. 3) Realitas hubungan tanggapan siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak (X) dengan akhlak mereka di sekolah kelas VIII MTs Al-Faridiyah Cibuaya (Y) berkategori sangat tinggi dengan koefesien korelasi sebesar 0,87 yang berada pada interval 0,80 – 1,000. Adapun hasil uji signifikansi korelasi menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel (6.04 > 3.31). Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk dan kualitatif dan data kuantitaif dengan menempuh analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan pengujian ini Ha diterima dan Ho ditolak. besarnya pengaruh variabel X terhadap pengaruh variabel Y yaitu 52%. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima yaitu terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak dengan akhlak mereka di sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggapan siswa; Akidah akhlak |
Subjects: | Islam Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ayu Yuazza |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 01:20 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 01:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62528 |
Actions (login required)
View Item |