Pengaruh pendekatan Science Technology Religion Engineering Art Mathematics (STREAM) terhadap keterampilan proses sains pada materi ekosistem

Abdurahman, Moh. Adam (2022) Pengaruh pendekatan Science Technology Religion Engineering Art Mathematics (STREAM) terhadap keterampilan proses sains pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpuskata.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan proses sains (KPS) merupakan aspek yang harus dimiliki dan dikembangkan pada abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan science, technology, religion, engineering, art, and mathematics (STREAM) terhadap keterampilan proses sains (KPS) pada materi ekosistem. Metode yang digunakan adalah Mix method dengan desain embedded. Teknik digunakan adalah purposive sampling. Perangkat penelitian berupa Taks kinerja dengan instrumen yang digunakan adalah assessment produk, soal KPS, catatan lapangan, lembar observasi, dan angkat kendala. Data hasil penelitian berupa Keterlaksanaan pembelajaran ekosistem melalui pendekatan STREAM memperoleh skor ketercapaian aktivitas guru berkriteria sangat baik dan aktivitas siswa berkriteria sangat baik. Peningkatan KPS siswa pada kelas eksperimen memperoleh skor N-gain sebesar 0,68 berkriteria sedang, skor N-gain kelas reguler sebesar 0,52 berkriteria sedang. Hasil perhitungan statistik uji mann whitney u menunjukan Sig. 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan signifikan pada kelas eksperimen dan reguler. Hasil asesmen produk briket tempurung kelapa pada kelas eksperimen berada pada kriteria sangat baik dan baik dan pada kelas reguler berada pada kriteria baik dan cukup baik, persentase siswa yang memperoleh kriteria sangat baik lebih tinggi pada kelas eksperimen. Kendala siswa ditemukan dalam pembuatan briket tempurung kelapa pada tahap memahami permasalahan, ide pembuatan produk, membuat desain langkah kerja, membuat produk, dan pengujian terhadap produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan STREAM mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap KPS siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekosistem; Keterampilan Proses Sains (KPS); STREAM;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: moh. adam abdurahman
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:51
Last Modified: 05 Jan 2023 08:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62543

Actions (login required)

View Item View Item