Analisis Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik sewa menyewa Sharing Account Netflix pada media sosial Twitter : Studi kasus akun @lapakpremium

Sya'bani, Anna Sayyida (2022) Analisis Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik sewa menyewa Sharing Account Netflix pada media sosial Twitter : Studi kasus akun @lapakpremium. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTARISI)
3_daftarisi.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (827kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy

Abstract

Netflix merupakan salah satu penyedia layanan berlangganan streaming film untuk mempermudah konsumen yang ingin menonton film atau series yang secara legal dan murah, namun sebagian orang lebih memilih menggunakan sharing account dibanding membeli secara personal dikarenakan harga yang cukup terjangkau Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik sewa-menyewa sharing account Netflix toko lapakpremium_ di twitter. Serta untuk mengetahui analisis hukum ekonomi syariah mengenai sewa-menyewa sharing account netflix di twitter. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunaan adalah pendekatan yuridis empiris Sumber data yang diperoleh dari dua sumber data yakni sumber data primer Data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pemilik toko dan penyewa sharing account netflix di Twitter. data sekunder dilakukan ialah Studi kepustakaan dengan cara memperoleh dari buku referensi, artikel, jurnal dan lain sebagainya. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara serta studi kepustakaan. Teknik analisis data dengan mengumpulkan seluruh data primer maupun data sekunder yang kemudian akan dideskriptifkan secara kualitatif sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa mekanisme transaksi yang digunakan pada toko lapakpremium_ menggunakan aplikasi twitter sebagai media utama dalam pemasaran dan hanya dapat menerima pembayaran menggunakan uang elektronik serta transaksi online sharing netflix ini pada dasarnya menggunakan sistem sewa menyewa dan ini dapat dikategorikan dengan akad Ijarah atas manfaat (Ijarah 'ala al-manafi') dikarenakan jasa yang digunakan hanya diambil manfaatnya saja dan ini sudah sejalan dengan syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sewa menyewa; Perjanjian; Netflix
Subjects: International Economics
Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum
Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Anna Sayyida Sya'bani
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:00
Last Modified: 29 Dec 2022 02:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62574

Actions (login required)

View Item View Item