Peranan program ngobrol perkara iman (NGOPI) dalam penguatan nilai sosial dan keagamaan pemuda : Penelitian di Cijarian Pasir Desa Cipetir Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi

Putri, Arlina Aryanti (2022) Peranan program ngobrol perkara iman (NGOPI) dalam penguatan nilai sosial dan keagamaan pemuda : Penelitian di Cijarian Pasir Desa Cipetir Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap fenomena sekelompok pemuda di Kampung Cijarian Pasir. Mereka terhimpun dalam Organisasi Kepemudaan yang diberinama ARCIPAS (Anak Remaja Cijarian Pasir). Namun terdapat beberapa masalah atau problem yang ingin diatasi oleh para stakeholder disana, yakni masalah keaktifan para pemuda Cijarian Pasir serta kondisi sosial dan keagamaan mereka yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Kemudian dibentuklah program kegiatan Ngobrol Perkara Iman (Ngopi) Pemuda Cijarian Pasir. Program ini dibentuk pada bulan Agustus tahun 2021, oleh karena itu penting dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana kinerja program ini bagi kemajuan dan solusi atas permasalahan generasi muda disana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab hadirnya atau sebab pembentukan program Ngobrol Perkara Iman, peranan program Ngobrol Perkara Iman dalam rangka penguatan nilai sosial dan keagamaan pemuda, dan untuk mengetahui persepsi warga setempat mengenai program Ngobrol Perkara Iman. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori Tindakan Sosial dari Max Weber. Teori ini digunakan sebagai alat analisis terhadap tindakan yang muncul akibat dari pelaksanaan program Ngopi. Dengan menggunakan teori tindakan sosial, penelitian menunjukan suatu tindakan individu yang memiliki makna dan nilai tertentu dikeluarkan atau ditujukan pada individu lain melalui program Ngopi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mengetahui gambaran dan menganalisis budaya, bahasa, tingkah laku, pola – pola, serta menyimpulkan makna yang diperoleh dari pengamatan terhadap partisipan dan lapangan penelitian. Data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan teknik analisis Model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan program Ngopi di Cijarian Pasir telah memberi pengaruh terhadap pemuda melalui kegiatan keagamaan serta kegiatan sosial yang telah diselenggarakan seperti pengajian, kajian dari penceramah, dan makan bersama. Terbukti dari beberapa perubahan yang muncul pada diri pemuda yang terlihat kembali kompak, berperan serta dalam kegiatan masyarakat, lebih rukun, meningkatnya rasa solidaritas, dan meminimalisir masalah kenakalan remaja yang ada disana. Dengan demikian, upaya penguatan nilai – nilai sosial dan keagamaan untuk para pemuda Cijarian Pasir telah terselenggara dengan baik sehingga warga sekitar juga memiliki persepsi yang baik terhadap program ini dan selalu mendukung serta memberi saran ataupun komentar demi kesuksesan program Ngopi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peranan; Program; Pemuda
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Arlina Aryanti Putri
Date Deposited: 30 Dec 2022 01:05
Last Modified: 30 Dec 2022 01:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62611

Actions (login required)

View Item View Item