Penggunaan Google Trends dalam menentukan ide dan membuat tulisan SEO di media Online Jurnal Garut

Sultan, Muhammad Faiz (2022) Penggunaan Google Trends dalam menentukan ide dan membuat tulisan SEO di media Online Jurnal Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Jurnal Garut adalah media online di Kabupaten Garut dan merupakan salah satu inkubator dari Pikiran Rakyat Media Network. Situs berita Jurnal Garut menyediakan berbagai macam konten tulisan mulai dari berita kedaerahan, berita Jawa Barat, berita nasional, artikel, olahraga, cek fakta, hiburan, hingga keagamaan. Salah satu cara yang ditempuh Jurnal Garut dalam menentukan ide tulisan pada konten artikel adalah menggunakan platform Google Trends sebagai rujukan. Dengan data yang disajikan oleh Google Trends, Jurnal Garut dapat menemukan kata kunci yang akhirnya menjadi fokus konten yang dimuat di situs JurnalGarut.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang diterapkan Jurnal Garut berkaitan dengan penggunaan tools Google Trends dan bagaimana penerapannya terhadap teknik Search engine optimization (SEO). Penelitian ini berfokus kepada pengunaan Google Trends untuk menentukan ide atau fokus tema pada konten tulisan di JurnalGarut.com. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus, untuk mendpaatkan data yang cukup melalui wawancara dan observasi mengenai keterkaitan antara media online, teknik SEO, dan penggunaan platform Google Trends. Hal ini berlandaskan pada Teori Konvergensi Media dimana merupakan suautu proses menyatukan beberapa aspek untuk menuju fokus atau tujuan sama, yang dalam hal ini merupakan beberapa aspek disatukan untuk mendapatkan satu tujuan yakni konten tulisan di media online Jurnal Garut. Proses penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa strategi yang dilakukan oleh Jurnal Garut dalam memaksimalkan teknik SEO dan Google Trends berfokus kepada penentuan kata kunci. Jurnal Garut sendiri suatu kata kunci akan melewati beberapa tahapan sebelum akhirnya ditetapkan menjadi fokus utama pada setiap konten yang dimuat di situs JurnalGarut.com. Alurnya sendiri diawali dengan penentuan beberapa kata kunci yang berpotensi memiliki volume pencarian tinggi, kemudian mencari datanya di Google Trends sebelum nantinya akan ditetapkan menjadi fokus utama ide tulisan di Jurnal Garut. Namun penggunaan Google Trends di Jurnal Garut ini juga hanya sebatas untuk menentukan kata kunci utama saja. Sedangkan untuk konten spesifik dari Google Trends, Jurnal Garut sendiri masih belum terlalu fokus untuk memaksimalkannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Media Online; SEO; Google Trends
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Muhammad Faiz Sultan
Date Deposited: 02 Jan 2023 00:40
Last Modified: 02 Jan 2023 00:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62682

Actions (login required)

View Item View Item