Kata Israf dan Thugyan dalam Al-Qur'an : Kajian semantik dan korelasinya dengan kisah Fir'aun

Simbolon, Gusti Rahma Sari (2022) Kata Israf dan Thugyan dalam Al-Qur'an : Kajian semantik dan korelasinya dengan kisah Fir'aun. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (881kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kata israf dan thugyan terdapat sinonimitas yakni sama-sama bermakna melampaui batas padahal setiap kata pasti mempunyai komponen makna yang berbeda. Karena ada beberapa ayat kata israf dan thugyan yang bersanding dengan Fir’aun, maka mengkorelasikannya dengan kisah Fir’aun agar ditemukan melampaui batas seperti apa dari kedua kata tersebut, sehingga dapat mengambil pelajaran dan berimplikasi dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dasar, makna relasional, medan semantik, sinkronik, diakronik, konsep dan implikasi dari kata israf dan thugyan dalam Al-Qur’an serta kaitannya dengan kisah Fir’aun. Metode yang digunakan merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan semantik. Menentukan kata yang hendak diteliti, menghimpun ayat-ayatnya, mencari makna dasarnya melalui kamus-kamus, mencari makna relasional, diakronik, sinkronik melalui syair pra-Islam, ayat Al-Qur’an, dan sejarah, membuat konsep dan implikasi serta korelasinya dengan Fir’aun. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa makna dasar israf ialah perbuatan yang melampaui batas dalam segala hal. Sedangkan makna dasar thugyan ialah setiap hal yang melampaui batas dalam keburukan. Makna relasional israf pra-Qur’anik ialah boros dalam menggunakan harta sehingga orang berlaku sombong dan perbuatan tersebut dapat menambah kehormatan seseorang. Sedangkan pada masa Qur’anik yaitu orang yang tidak beriman (kufr), melakukan kerusakan di bumi (fasad), sombong/sewenang-wenang (‘ali/‘aliyan), dan homoseks. Kata israf mengalami perubahan nilai dari positif menjadi negatif. Makna relasional thugyan pada masa pra-Qur’anik ialah perbuatan yang menyiksa, munafik, dan sombong (bagha). Sedangkan masa Qur’aniknya yaitu menolak ajaran Rasul, zalim (dhalim), kufur (kufr), berbuat kerusakan (fasad), mendustai (kadzdzab), dan perbuatan munafik (nifaq). Adapun derivasinya kata thagut pada masa jahiliyyah bernilai positif sedangkan setelah Islam datang menjadi antonim dari Allah sehingga bernilai negatif. Sikap Fir’aun yang sesuai dengan konsep israf yaitu fasad, ‘ali/‘aliyan, dan kufr. Sedangan yang sesuai dengan thugyan yaitu kufr, dhalim, dan fasad.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fir'aun; Israf; Semantik; Thugyan
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Cerita dan Kisah dari Al-Qur'an
Language
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Gusti Rahma Sari
Date Deposited: 02 Jan 2023 06:52
Last Modified: 02 Jan 2023 06:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62690

Actions (login required)

View Item View Item