Pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap Keterampilan Berpikir Sistem (KBS) pada materi sistem Ekskresi

Rachmat, Noviyani (2023) Pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap Keterampilan Berpikir Sistem (KBS) pada materi sistem Ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)

Abstract

Keterampilan berpikir sistem (KBS) berperan dalam pembelajaran sains, perlu dikembangkan dalam kompetensi abad ke 21. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap KBS, mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran, menganalisis peningkatan KBS, dan menganalisis kendala terhadap pembelajaran model pembelajaran inkuiri terbimbing. Metode penelitian Mix Method dan desain penelitian Embedded. Pengumpulan data lembar observasi, soal test, dan angket. Hasil penelitian terdapat pengaruh dalam pelaksanaan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap KBS. Keterlaksanaan kelas eksperimen sebesar 97% perlakuan peserta didik, sedangkan guru sebesar 89%. Peningkatan KBS kelas ekskperimen N-gain pada indikator KBS terbesar yaitu 0.616 pada indikator empat (menganalisis keseimbangan dalam sistem ekskresi), sedangkan yang terendah sebesar 0,096 pada indikator dua (menelaah empat fungsi masing-masing komponen dalam sistem ekskresi). Kendala dalam proses pembelajaran peserta didik pada tahap menentukan hipotesis dengan persentase 67%. Hasil uji hipotesis data post-test dari kedua kelas diperoleh dengan 0.04<0.05 yang artinya H_0 ditolak. Manfaat pada penelitian ini berperan aktif dan berdampak positif pada penelitian model pembelajaran inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing; Keterampilan Berpikir Sistem; Sistem Ekskresi
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Noviyani Rachmat
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:05
Last Modified: 30 Aug 2023 04:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62707

Actions (login required)

View Item View Item