Rabbani, Rahmah Raisah (2022) Upaya meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui media kartu domino bergambar: Penelitian tindakan kelas di kelompok B1 RA Al-Gozali Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (718kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (932kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kemampuan berhitung anak usia dini di RA Al-Gozali Kota Bandung dengan kategori rendah. Terlihat beberapa anak belum mampu membedakan lambang bilangan 1-10, mencocokkan lambang bilangan dengan lambang bilangan dan menggunakan lambang bilangan untuk menghitung. Hal ini disebabkan penggunaan media pembelajaran di kelas secara konvensional sehingga anak kurang tertarik, mudah bosan dan pembelajaran belum efektif. Maka dari itu, penulis menggunakan media kartu domino bergambar sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan berhitung anak usia dini sebelum diterapkan media kartu domino bergambar; (2) penerapan media kartu domino bergambar untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini setiap siklus; (3) kemampuan berhitung anak usia dini setelah diterapkan media kartu domino bergambar setiap siklus. Berdasarkan kajian teori bahwa media kartu domino bergambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung, seperti menyebutkan lambang, menggunakan lambang bilangan untuk menghitung dan mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Penggunaan media kartu domino bergambar ini membuat anak lebih aktif dalam pembelajaran karena media yang digunakan menarik, menyenangkan, dan mudah digunakan sehingga dapat meningkatkan pemahaman materi pembelajaran, khususnya mengenai kemampuan berhitung. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang pelaksanaannya melalui empat tahapan secara berulang, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian yang diteliti yaitu siswa kelompok B1 RA Al-Gozali Bandung yang berjumlah 14 orang anak. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, diketahui bahwa: (1) kemampuan berhitung anak sebelum menggunakan media kartu domino bergambar memperoleh nilai rata-rata 44 dengan kriteria gagal; (2) penerapan media kartu domino bergambar dilihat dari aktivitas guru dan anak mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I, hasil rata-rata persentase aktivitas guru mencapai 80% dengan kriteria sangat tinggi dan pada siklus II meningkat mencapai 100% dengan kriteria sangat tinggi. Sedangkan, hasil rata-rata persentase aktivitas anak pada siklus I mencapai 74,99% dengan kriteria tinggi dan pada siklus II meningkat mencapai 85,24% dengan kriteria sangat tinggi; (3) kemampuan berhitung anak setelah menggunakan media kartu domino bergambar juga meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh mencapai 64 dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat mencapai 91 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, terbukti bahwa media kartu domino bergambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berhitung; Anak Usia Dini; Media Kartu Domino Bergambar. |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Child Psychology Islam Education Education > Psychology of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Elementary Education > Mathematics for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Rahmah Raisah Rabbani |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 01:59 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 01:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62712 |
Actions (login required)
View Item |