Manajemen Tenaga Pendidik (Penelitian di Madrasah Tsanawiyah MAI Purwakarta)

Nurdelima, Eka (2014) Manajemen Tenaga Pendidik (Penelitian di Madrasah Tsanawiyah MAI Purwakarta). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pemikiran bahwa pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan agar manusia dapat mempertahankan hidup dan penghidupannya. Dalam pendidikan terdapat proses pembelajaran yang keberhasilannya tergantung kepada pendidiknya yang dinamakan guru. Oleh karenanya seorang pendidik harus memiliki empat standar kompetensi yaitu: kompetensi pendagogik, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kompetensi kepribadian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar alamiah, perencanaan manajemen tenaga pendidik, rekuitmen, pembinaan, pengembangan, pengawasan, evaluasi/penilaian, faktor penunjang dan penghambat, dan juga hasil yang di capai dari manajemen tenaga pendidik di Tsanawiyah MAI Purwakarta. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran jika perencanaan tenaga pendidik di Madrasah Tsanawiyah tersebut baik akan manajemen suatu kegiatan pendidikan yang efektif dan efesien hal ini dilihat dari latar alamiah kondisi objektif madrasah, bagaimana perencanaan tenaga pendidik dan hasil yang akan dicapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi,wawancara, dan teknik menyalin data dengan penafsiran deskriptif semata-mata. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penyelenggaraan pendidikan di MTs MAI Purwakarta didukung dengan adanya manajemen tenaga pendidik yang baik. Perencanaan yang sangat matang baik dalam hal kompetensi yang harus dipenuhi oleh tenaga pendidik telah sesuai dengan keahliannya. Sedangkan dalam pelaksanaannya penempatan tenaga pendidik telah sesuai dengan visi, misi dan tujuan madrasah, dan masyarakat. Dapat disimpulkan bahwa fungsi-fungsi manajemen di MTs MAI Purwakarta pada umumnya telah berjalan dengan baik, walaupun masih ada satu orang guru yang mengajar tidak sesuai bidangnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang telah dicapai dapat dilihat dari pada prestasi peserta didik dalam mengikuti berbagai macam perlombaan. Keberhasilan manajemen tenaga pendidik Madrasah Tsanawiyah MAI Purwakarta, maka perlu dijadikan acuan bagi madrasah atau lembaga pendidik lainnya dalam pengelolaan manajemen tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 10:06
Last Modified: 03 Jul 2018 10:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6272

Actions (login required)

View Item View Item