Implikas Pedagogis Al-Qur’an Surah An-Nahl Ayat 125 Tentang Metode Hikmah Mauizhah Hasanah dan Mujadalah (Analisis Pendidikan Islam)

Buhariyanto, Didik (2014) Implikas Pedagogis Al-Qur’an Surah An-Nahl Ayat 125 Tentang Metode Hikmah Mauizhah Hasanah dan Mujadalah (Analisis Pendidikan Islam). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text (BAB II)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)

Abstract

Al-Qur’an adalah sumber pokok ajaran Agam Islam yang memuat nilai-nilai Islami sebagai petunjuk bagi manusia, agar menjalani hidup bahagia di dunia dan di akhirat. Salah sat pokok dari kandungan al-Qur’an adalah mengenai metode hikmah mauizhah hasanah dan mujadalah seperti yang terdapat di dalam surah an-Nahl ayat 125 yang menjelaskan tentang metode hikmah, mauizhah hasanah dan mujadalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode hikmah, mauizhah hasanah dan mujadalah diterapkan di dalam proses pendidikan dalam al-Qur’an surat an-Nahl ayat 125 menurut para mufassir, imploikasi pedagogis yang terkandung dalam al-Qur’an surah an-Nahl ayat 125 tentang metode hikmah, mauizhah hasanah dan mujadalah yang penelitiannya menggunakan analisis ilmu pendidikan Islam. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa al-Qur’an adalah segala sumber nilai ajaran Islam yang mengandung petunjuk bagi kehidupan manusia. Salah satunya menjelaskan tentang metode hikmah, mauizhah hasanah dan mujadalah yaitu metode yang telah diterapkan oleh Allah dan Rasulnya dalam menyampaikan pengajaran kepada makhluk dan ummatnnya. Penelitian ini berbentuk studi kepustakaan yaitu denagn menggunakan metode analisis isi/content analisiys, serta penafsiran terhadap al-Qur’an surah an-Nahl ayat 125 menurut para mufassir. Penelitian ini selanjutnya adalah menganalisis pendapat para mufassir tentang metode hikmah, mauizhah hasanah dan mujadalah. Analisis adata penelitian sebagai dari sumber data primernya adalah Al-Qur’an Karim surah an-Nahl ayat 125 dan pendapat dari para mufassir: Tafsir al-Maraghi karangan Ahmad Musthafa al-Maraghi, Tafsir al-Misbah karangan M. Quraish Shihab, Tafsir Ibnu Katsir karanagan Abdullah bin Muahammad bin Abdurrahman bin Ishaq Alu Syaikh, Tafsir Nurul Qur’an karangan Allamah Kamal Faqih Imani, Tafsir al- Azhar karangan Hji Abdul Malik Abdul Karim Amrullah (Hamka). Sedangkan sumber sekundernya adalah teori-teori (buku-buku) yang berkaitan dengan penelitan ini. Setelah semua data terkumpul, kemudian di olah dan diproses dengan satuarn. Kemudian kategorisasi dan akhirnya penafsiran data. Adapun data yang yang ditemukan penulis menunjukkan bahwa metode hikmah, mauizhah hasanah dan mujadalah adalah metode atau jalan yang dijadikan sarana untuk mencapai sebuah tujuan yang telah ditetapkan dan metode selalu diginakan oleh Nabi Muhammad saw. Dalam ilmu pendidikan islan metode hikmah dan mauizhah hasanah disebut denagan metode ceramah namun dalam metode ini lebih menyentuk kepada rana psikologis peserta didik. Sedangkan metode mujadalah disebut juga dengan metode diskusi atau bertuka pikiran untuk mengembangkan kekretifan peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Islam > Islam and Social Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 10:06
Last Modified: 03 Jul 2018 10:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6277

Actions (login required)

View Item View Item