Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Lembaga Amil Zakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin : Studi deskriptif di LAZ Yayasan Lidzikri Jln. Riung Hegar Raya, Kec. Rancasari, Kota Bandung

Saputra, Riko (2022) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Lembaga Amil Zakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin : Studi deskriptif di LAZ Yayasan Lidzikri Jln. Riung Hegar Raya, Kec. Rancasari, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
4_ bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_ bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_ daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan telah menjadi salah satu permasalahan sosial yang seringkali dijadikan sebagai bahan sorotan bagi negara manapun. Kemiskinan juga sering digunakan sebagai indikator kesejahteraan sosial. Di Kota Bandung sendiri kemiskinan merupakan masalah yang harus senantiasa diselesaikan yang dimana tidak sedikit masyarakat yang kehilangan pekerjaannya. Penanggulangan kemiskinan merupakan sesuatu yang fundamental karena terkait erat dengan sumber daya manusia. LAZ Lidzikri sebagai mitra Pemerintahan Kota Bandung memiliki peran yang vital dalam melaksanakan proses pemberdayaan ekonomi kepada masyarakat miskin yang ada di Kota Bandung, sehingga mereka mampu untuk hidup berdaya dan sejahtera. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui program, strategi dan hasil dari pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilaksanakan oleh LAZ Lidzikri dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, memenuhi kebutuhan hidupnya dan meminimalisir peningkatan kemiskinan. Landasan pemikiran penelitian ini menggunakan pendekatan teori pemberdayaan masyarakat, teori ekonomi, teori kesejahteraan sosial. Kemudian penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode ini merupakan metode yang bertujuan untuk mendeskripsikan ataupun menggambarkan kejadian-kejadian yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwasanya program yang telah dibuat oleh LAZ Lidzikri dalam upaya memberdayakan masyarakat miskin saat ini dapat berjalan dengan baik, bahkan memberikan dampak positif yang luar biasa kepada penerima manfaat, indikator keberhasilan tersebut dapat dilihat sebagai berikut yakni: terjadinya pemerataan pendapatan masyarakat, peningkatan kemandirian, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat; Kesejahteraan; LAZ.
Subjects: Islam > Zakat
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Customs of People
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Riko Saputra
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:45
Last Modified: 03 Jan 2023 07:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62903

Actions (login required)

View Item View Item