Implementasi nilai-nilai toleransi umat beragama terhadap pemahaman anggota Irmas SMA Negeri 1 Pangalengan melalui media Podcast Berbeda Tapi Bersama

Rifaldo, Muhamad (2022) Implementasi nilai-nilai toleransi umat beragama terhadap pemahaman anggota Irmas SMA Negeri 1 Pangalengan melalui media Podcast Berbeda Tapi Bersama. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
01_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02_abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
03_daftar isi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
04_bab I.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
05_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
06_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
07_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
08_bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian berjudul “Implementasi Nilai-Nilai Toleransi Terhadap Pemahaman Anggota IRMAS SMA Negeri 1 Pangalengan Melalui Media Podcast “Berbeda tapi Bersama”, mengetengahkan mengenai penerapan isi dari nilai-nilai toleransi yang ada di lingkungan IRMAS (Ikatan Remaja Masjid) Pangalengan terkhusus di Sma N 1 pangalengan. Dengan memanfaatkan media podcast dari aplikasi Noice, dengan judul “Berbeda tapi Bersama”. Penelitian ini di lakukan di SMA Negeri 1 Pangalengan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Sosiologi Agama dengan dikuatkan oleh teori tindakan sosial Max weber. Jenis penelitian yang dipakai adalah jenis penelitian kuantitatif melalui metode field research. Penelitian kualitatif merupakan penelitian dengan menggunakan prosedur penelitian berupa data deskriptif dan menghasilkan data yang berbentuk kata-kata tulisan, lisan, dan perilaku dari informan yang diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk memperkuat kajian, pengumpulan data juga dilakukan melalui informasi internet, berupa buku dan terutama artikel pada jurnal-jurnal bereputasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara garis besar para remaja yang menjadi informan dari penelitian ini menunjukan hasil yang diharapkan oleh peneliti. Setelah mereka mendengarkan podcast yang disediakan oleh peneliti, tingkatan mereka terhadap isu Toleransi menjadi cukup ada peningkatan. Hal ini selaras dengan teori yang digunakan oleh peneliti yakni pendekatan sosiologi agama dan teori tindakan sosial milik Max weber. Segala bentuk tindakan yang dilakukan di dalam kehidupan sosial masyarakat, mempunyai sebab tindakan yang mengacu pada attensi seseorang. Maka hasilnya teori yang digunakan oleh peneliti selaras dengan hasil akhir yang ada pada remaja IRMAS SMA Negeri 1 Pangalengan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media; Toleransi; Podcast
Subjects: Religious Mythology > Interreligious Relations
Religious Ethics
Islam > Islam and Other Belief
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Muhamad Rifaldo
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:03
Last Modified: 03 Jan 2023 08:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62909

Actions (login required)

View Item View Item