Retorika dakwah Ustaz Taupan Firdaus dalam pengajian mingguan : Penelitian di Majelis Ta'lim Raudlatul Muta'allimin Kampung Pangauban Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung

Romdoniah, Nurlaela (2022) Retorika dakwah Ustaz Taupan Firdaus dalam pengajian mingguan : Penelitian di Majelis Ta'lim Raudlatul Muta'allimin Kampung Pangauban Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Pidato memiliki keunggulan dan keunikan, cara yang digunakan secara langsung atau face to face akan dirasakan lebih personal, lebih akrab juga manusiawi. Dalam syariat islam, ceramah merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam ritual peribadahan. Dalam berdakwah, Ustaz Taupan Firdaus selalu penuh semangat, energik, serta selalu menyisipkan humor dalam menyampaikan pesan dakwahnya. Pidatonya selalu dimulai dengan membaca ayat suci Al-Qur'an yang beliau pimpin yang bertujuan untuk meyakini serta mentadaburi isi kandungan Al-Qur'an. Ustaz Taupan Firdaus dalam pidatonya memiliki kekhasan tersendiri yaitu tampilannya yang sederhana serta menggunakan bahasa dan juga gerak tubuh yang disesuaikan dengan kondisi objek dakwahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya retorika dakwah yang dilaksanakan oleh Ustaz Taupan Firdaus melalui gaya bahasa, gaya gestur, dan intonasi yang digunakan dalam pengajian rutinan dimajelis ta'lim Raudlatul Muta'allimin. Untuk menjawab persoalan tersebut, maka digunakan pendekatan kualitatif analisis deskriptif. Langkah yang dilakukan oleh penulis yaitu dengan menggambarkan serta memaparkan bagaimana proses pidato berlangsung dan bagaimana keadaan jamaah ketika proses pidato disampaikan dalam pengajian mingguan di Raudlatul Muta'allimin sehingga diperoleh gaya dakwah yang dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan teori retorika Aristoteles yang mengemukakan bahwa retorika merupakan seni untuk mempengaruhi audience. Bagian pokok retorika menurut Aristoteles terdiri dari ethos, phatos dan logos. Dari data hasil penelitian yang telah ditemukan maka dapat disimpulkan bahwa cara penyampaian dakwah yang dilakukan oleh Ustaz Taupan Firdaus adalah dengan menggunakan bahasa yang sederhana, gestur yang disesuaikan dengan kondisi objek dakwah dan intonasi yang rendah maupun tinggi sehingga jamaah mudah memahami mengenai pesan dakwah yang disampaikan dan juga memperhatikan sehingga pengajian rutinan yang dilaksanakan dimajelis ta'lim Raudlatul Muta'allimin ini berjalan efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Retorika; Dakwah; Pengajian; Majelis Ta'lim
Subjects: Islam > Da'wah
Rhetoricand Collections of Literary
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nurlaela Romdoniah
Date Deposited: 04 Jan 2023 00:46
Last Modified: 04 Jan 2023 00:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62940

Actions (login required)

View Item View Item