Pengaruh persepsi tentang pembelajaran daring dan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Rudiyana, Rudiyana (2022) Pengaruh persepsi tentang pembelajaran daring dan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (48kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

ENGLISH : Students' perceptions or views of online learning positively or negatively will affect the way of completion in lectures, this then moves each individual student to be able to organize and manage himself in online lecture activities. One of the effects of online learning is decreased learning motivation, the learning process will achieve success if students have good learning motivation. In carrying out online learning, it is carried out at home so that there is a role for parents who influence this online learning process. Parental support is getting support from parents who can get support based on emotional, instrumental, appreciation, information such as getting attention, a sense of comfort and care. The purpose of this study was to find out whether perceptions about online learning and social support from parents affect the learning motivation of students at the Faculty of Psychology, UIN SGD Bandung. In this study, researchers used a quantitative approach with a correlational research design. Correlational research makes phenomena that have occurred as a basis for describing relationships between variables. The sample in this study were 240 students. Data collection techniques using a questionnaire with 3 measuring devices. The results of the study show a significant value of 0.000 (sig. <0.05) or H0 is rejected, meaning that there is an influence of perceptions of online learning (X1) and parental support (X2) simultaneously influencing learning motivation (Y). INDONESIA : Persepsi atau pandangan mahasiswa terhadap pembelajaran daring secara positif atau negatif akan berpengaruh pada cara penyelesaian dalam perkuliahan, hal ini kemudian menggerakkan masing-masing individu mahasiswa untuk dapat mengatur dan mengelola dirinya dalam kegiatan perkuliahan secara daring. Salah satu dampak dari pembelajaran daring adalah Motivasi Belajar yang menurun, proses pembelajaran akan mencapai keberhasilan apabila siswa memiliki motivasi belajar yang baik. Dalam melaksanakan pembelajaran daring yaitu dilakukan dirumah sehingga ada peran orang tua yang berpengaruh pada proses pembelajaran daring ini. Dukungan orang tua adalah mendapatkan dukungan dari orang tua yang dapat memperoleh dukungan berdasarkan emosional, instrumental, penghargaan, informasi seperti mendapatkan perhatian, rasa nyaman dan kepedulian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah persepsi mengenai pembelajaran daring dan dukungan sosial orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional, penelitian korelasional menjadikan fenomena fenomena yang telah terjadi sebagai dasar untuk menggambarkan hubungan antar variable. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 240 mahasiswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 3 alat ukur. Hasil penelitian menunjukan nilai signifikan sebesar 0,000 (sig. < 0,05) atau H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh persepsi pembelajaran daring (X1) dan dukungan orang tua (X2) secara simultan berpegaruh terhadap motivasi belajar (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Dukungan Orang Tua; Persepsi Pembelajran Daring;
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Rudiyana Rudi Rudi
Date Deposited: 04 Jan 2023 06:31
Last Modified: 04 Jan 2023 06:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62963

Actions (login required)

View Item View Item