Aktivitas dakwah melalui kreativitas membatik pada telur asin dalam meningkatkan perekonomian masyarakat : Studi deskriptif komunitas Telur Asin Batik di Desa Dawuan Barat, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang

Rahmawati, Destia (2022) Aktivitas dakwah melalui kreativitas membatik pada telur asin dalam meningkatkan perekonomian masyarakat : Studi deskriptif komunitas Telur Asin Batik di Desa Dawuan Barat, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman kian melesat jauh dengan segala pancapaiannya yang spektakuler. Dakwah tentu harus mengikuti dan mengayomi tuntutan zaman. Untuk tetap berperan dan bermain di tengah budaya global, dakwah semestinya tetap memegang kendali dan mengatasi problematika zaman ini salah satunya di bidang ekonomi. Dakwah bisa dilakukan melalui pemberdayaan ekonomi umat (dakwah bil hal) sebagaimana yang dilakukan oleh pihak pengelola Komunitas Telur Asin Batik melalui berbagai strategi dan metode. Pemberdayaan yang dilakukan ini merupakan sebuah upaya untuk memandirikan masyarakat melalui pengembangan potensi yang dimiliki setiap individu dan peluang yang disediakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk dakwah yang dilakukan oleh pihak komunitas Telur Asin Batik terhadap masyarakat di Desa Dawuan Barat melalui daya atau penguatan, pengerahan (mobilisasi) sumberdaya, dan nilai tambah pada produksi Telur Asin Batik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Ali Azis (2009:378) bahwa dakwah berupa pemberdayaan (dakwah bil hal) dalam pelaksanaannya dapat dilakukan melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat, yaitu dakwah dengan usaha membangun kekuatan dengan mendorong, memotivasi dan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki serta berupaya mengembangkannya berdasarkan proses mandiri. Selain itu juga dalam penelitian ini memakai teori-teori pendukung lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pihak pendiri komunitas Telur Asin Batik beserta masyarakat yang terlibat, observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan, serta dokumentasi digunakan sebagai pelengkap dalam memperoleh data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dakwah melalui kreativitas membatik pada telur asin ini dilakukan dengan beberapa bentuk dakwah di antaranya melalui daya atau penguatan, pengerahan (mobilisasi) sumberdaya, dan adanya nilai tambah pada produksi maupun kegiatan itu sendiri. Sehingga hasil dari pemberdayaan ekonomi umat (dakwah bil hal) ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang ikut bergabung dalam komunitas Telur Asin Batik di Desa Dawuan Barat, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi Umat; Daya atau Penguatan; Pengerahan (Mobilisasi) Sumberdaya; Nilai Tambah
Subjects: Islam > Islam and Economics
Islam > Da'wah
Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Destia Rahmawati
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:07
Last Modified: 04 Jan 2023 02:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62968

Actions (login required)

View Item View Item