Art Therapy sebagai media tazkiyatun nafs dalam mengatasi stres akademik pada siswa Kelas XII MAN 2 Kota Bandung

Azahra, Zianiba (2023) Art Therapy sebagai media tazkiyatun nafs dalam mengatasi stres akademik pada siswa Kelas XII MAN 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Stres yang biasanya terjadi dikalangan para siswa/i sekolah sering disebut juga dengan stres akademik, stres akademik ini bisa disebabkan karena beberapa faktor yaitu faktor tidak mampunya siswa/i untuk beradaptasi dengan sekolah, banyaknya tugas yang diberikan oleh guru di sekolah, adanya tuntutan dari orang tua, persaingan antar teman, permasalahan di organisasi, dan lain sebagainya. Penelitian ini dilakukan untuk membantu siswa/i kelas XII MAN 2 Kota bandung dalam menangatasi stres akademik yang sedang dihadapi. Hal ini mengingat bahwa para siswa/i yang duduk di kelas XII sedang dihadapkan dengan berbagai macam kegiatan sekolah yang membuat para siswa merasa lelah seperti ujian sekolah, persiapan untuk masuk ke universitas, tugas kelompok, tugas hafalan, dan lain sebagainya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Bagaimana art therapy bisa menjadi media tazkiyatun nafs pada siswa kelas 12 MAN 2 Kota Bandung yang sedang mengalami stres akademik? 2). Bagaimana kondisi siswa/i kelas XII setelah menjalani art therapy sebagai media tazkiyatun nafs dalam mengatasi stres akademik? Stres akademik yang sedang dirasakan oleh siswa/i akan menyebabkan mereka kehilangan semangat dalam belajar serta kehilangan motivasi untuk belajar. Art therapy merupakan suatu teknik terapi yang dalam pelaksanaannya menggunakan media seni, art therapy ini memiliki manfaat dalam membantu individu untuk keluar dari zona yang membuat individu merasa tidak nyaman yang diakibatkan oleh perasaan-perasaan negative seperti stres akademik yang dirasakan oleh murid di sekolah. Sedangkan tazkiyatun nafs merupakan tata cara untuk melakukan penyucian jiwa agar individu terhindar dari sifat-sifat yang tercela yang kemudian diisi dengan sifat-sifat yang disukai oleh Allah SWT, salah satu manfaat yang akan dirasakan individu ketika terhindar dari sifat-sifat yang tercela yaitu individu akan senantiasa selalu dekat dengan Allah SWT. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dalam penelitian ini diambil 10 orang partisipan untuk dijadikan objek penelitian. Adapun hasil dari penelitian ini selain para partisipan dihadapkan dengan masalah akademik, para partisipan juga dihadapkan dengan masalah-masalah diinternalnya seperti masalah dalam keluarga, dan pertemanan. Setelah melakukan terapi ini para partisipan memiliki reaksi yang relaitf sama yaitu para partisipan merasakan ketenangan dalam dirinya, dan para partisipan juga bisa menjadi lebih rileks lagi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Art Therapy; Tazkiyatun Nafs; Stres Akademik
Subjects: Islam > Islam and Arts
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Zianiba Azahra
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:15
Last Modified: 04 Jan 2023 02:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62977

Actions (login required)

View Item View Item