Penerapan metode Quantum Learning berbantuan media video dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis dan minat belajar siswa

Lathifah, Ulfa (2022) Penerapan metode Quantum Learning berbantuan media video dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis dan minat belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan kemampuan representasi matematis serta minat belajar siswa yang didukung dengan hasil studi pendahuluan. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah pembelajaran dengan menerapkan metode Quantum Learning yang dibantu dengan media pembelajaran seperti media video. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan minat belajar siswa melalui pembelajaran menggunakan metode Quantum Learning berbantuan media video. Penelitian ini dilakukan di salah satu MTs di Kota Sukabumi menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian ini yaitu: (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan metode Quantum Learning berbantuan media video dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan metode Quantum Learning berbantuan media video dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional, (3) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan representasi matematis siswa dengan metode Quantum Learning berbantuan media video dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional berdasarkan kategori PAM siswa, (4) terdapat perbedaan pencapaian minat belajar siswa dengan metode Quantum Learning berbantuan media video dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional berdasarkan kategori PAM siswa. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa metode Quantum Learning berbantuan media video efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Quantum Learning; Kemampuan Representasi Matematis; Minat Belajar; Media Video.
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ulfa Lathifah
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:05
Last Modified: 05 Jan 2023 01:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63029

Actions (login required)

View Item View Item