Firdaus, Lucky (2022) Pengaruh Self Efficacy terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an hadits : Penelitian pada siswa kelas VII MTSN 2 Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (147kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang mengeluhkan masih ada tuntutan saat mengikuti mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, seperti tuntutan untuk membaca Al-Qur’an lebih baik lagi sesuai dengan kaidah tajwid, siswa merasa membutuhkan waktu lama untuk menghafalkan dalil-dalil, adanya peserta didik yang mengeluh karena masih belum mengenal huruf hijaiyah secara keseluruhan, tugas yang banyak dan lain-lain, namun siswa juga mempunyai semangat tinggi untuk mengikuti mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk; 1) untuk mengetahui realitas self efficacy pada siswa kelas VII MTSN 2 Karawang; 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits MTSN 2 Karawang; 3) untuk mengetahui pengaruh sel efficacy terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits MTSN 2 Karawang. Berdasarkan teori yang ada, self efficacy merupakan keyakinan yang dimiliki individu mengenai kemampuannya dalam mengorganisasi dan menyelesaikan suatu tugas yang diperlukan untuk mencapai hasil tertentu. Self efficacy yang dimiliki individu dapat menjadi faktor yang mempengaruhi terhadap hasil belajar yang selama ini telah dilalui. Pendeketan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode kausal komparatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini berasal dari sumber primer yang berasal dari populasi dan sampel, dan juga berasal dari sumber sekunder sebagai sumber tambahan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan Teknik observasi dan penyebaran angket. Data yang sudah diperoleh kemudian di analisis menggunakan analisis deskriptif variable X dan Y, kemudian menggunakan analisis statistic inferensial yang meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) self efficacy pada siwa kelas VII MTSN 2 Karawang termasuk dalam kategori cukup baik dengan memperoleh skor rata-rata 56,88. 2) Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits pada siswa dan siswi MTSN 2 Karawang termasuk dalam kategori cukup baik dengan rata-rata memperoleh skor 37.13. 3) pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar siswa berkontribusi sebesar 39,2% sedangkan 60,8% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self efficacy; Hasil Belajar |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lucky Firdaus |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 04:50 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 04:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/63113 |
Actions (login required)
View Item |