Peran konselor adiksi dalam proses rehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba : Penelitian di Yayasan Grapiks Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Yafi, M. Aulia (2022) Peran konselor adiksi dalam proses rehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba : Penelitian di Yayasan Grapiks Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah korban penyalahgunaan narkoba yang makin hari makin meningkat di kalangan masyarakat yang tentu saja sangat merugikan bagi korban dari segala sisi, akibat dari adanya kerugian dari korban tersebut maka dibutuhkanlah suatu tindakan dalam upaya penanganan korban penyalahgunaan narkoba, salah satu tindakannya adalah dengan melaksanakan rehabilitasi narkoba kepada korban, pelaksanaan rehabilitasi narkoba melibatkan tenaga professional yaitu konselor adiksi, konselor adiksi akan menjalankan peran-perannya dengan tujuan membebaskan ketergantungan korban dari kecanduan terhadap zat narkoba. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kompetensi konselor adiksi dalam proses rehabilitasi korban penyalahgunaan Narkoba di Yayasan Grapiks Bandung. (2) mengetahui tugas dan fungsi konselor adiksi dalam proses rehabilitasi korban penyalahgunaan Narkoba di Yayasan Grapiks Bandung Penelitian ini didasari oleh teori menurut Alun Widyantari (2015) yang menyebutkan peran konselor adiksi dalam proses rehabilitasi narkoba adalah (1) sebagai motivator; (2) sebagai fasilitator; (3) sebagai edukator; (4) sebagai mediator. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah deskripitif kualitatif, dengan melakukan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitian adalah konseli yang ada di Yayasan Grapiks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sebagai motivator, konselor adiksi menggunakan pendekatan motivational interviewing bertujuan agar klien dapat mengekspresikan empati, mengembangkan diskprepansi, menerima resistensi, dan mendukung efikasi diri; sebagai fasilitator, konselor adiksi memberikan layanan bimbingan, memberikan layanan psikoterapi, dan memberikan edukasi; sebagai edukator, konselor adiksi menggunakan pendekatan pembelajaran langsung yaitu metode pemindahan pengetahuan dari konselor kepada konseli secara langsung melalui ceramah dan tanya jawab; sebagai mediator, pendekatan yang dilakukan konselor adiksi kepada keluarga klien adalah pendekatan client-centered, metode tersebut menekankan pada kecakapan klien untuk menentukan dan pemecahan masalah dirinya. (2) Tugas dan fungsi konselor adiksi adalah melakukan assesment, melakukan konseling, melakukan monitoring.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Narkoba; Rehabilitasi; Konselor Adiksi
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Personal Health, Hygiene > Subtance Abuse, Drug Abuse
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: M. Aulia Yafi
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:59
Last Modified: 05 Jan 2023 07:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63136

Actions (login required)

View Item View Item