Karmilah, Riska (2022) Bimbingan keagamaan melalui pelaksanaan monitoring evaluasi untuk mendisiplinkan Shalat: Penelitian pada siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (234kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
Abstract
Manusia adalah makhuk Allah yang paling sempurna dan dimuliakan. Sehingga tujuan diciptakannya manusia yang paling utama adalah untuk beribadah dan bertakwa kepada Allah SWT. Shalat merupakah salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh seorang muslim sekaligus amalan pertama yang nantinya akan di hisab. Sehingga, perlu dibina baik di sekolah maupun dirumah. Salah satu pembinaan shalat di sekolah yakni dengan adanya program Bimbingan Keagamaan melalui Monitoring Evaluasi Shalat sebagai pembiasaan dan untuk mendisiplinkan shalat bagi siswa di MTs Negeri 2 Kota Bandung. Siswa memasuki masa remaja, yakni masa peralihan antara masa kanak-kanak menuju dewasa, yang pada akhir-akhir ini remaja menjadi sorotan masyarakat dan media yang cenderung kearah yang negatif. Sehingga perlu diberikan pengetahuan dan bimbingan kearah yang lebih baik termasuk dalam beribadah, yakni shalat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program maupun proses bimbingan keagamaan melalui pelaksanaan monitoring evaluasi dan hasil kedisiplinan siswa dalam melaksanakan shalat selama kegiatan monitoring evaluasi di MTs Negeri 2 Kota Bandung Landasan pemikiran dalam penelitian ini yakni melalui program bimbingan keagamaan dengan pelaksaan program ini menggunakan metode monitoring shalat, sehingga siswa menjadi disiplin dalam melakukan shalat dengan indikator disiplin, yakni (1) ketepatan waktu, (2) tanggung jawab, dan (3) kemauan atau kehendak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, metode ini digunakan untuk menggambarkan secara sistematis dan akurat mengenai program, proses maupun hasil kedisiplinan siswa dalam bimbingan keagamaan melalui pelaksanaan monitoring evaluasi dalam upaya mendisiplinkan shalat bagi siswa di MTs Negeri 2 Kota Bandung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni melalui observasi, wawancara dan angket tertutup. Hasil penelitian menujukkan bahwa program bimbingan keagamaan melalui pelaksanaan monitoring evaluasi di MTs Negeri 2 Kota Bandung sudah berada kurang lebih sejak tahun 2010. Proses pelaksanaannya yakni dengan melakukan sosialisasi kepada orangtua mengenai bimbingan shalat dengan menggunakan ‘Buku Saku Monitoring Shalat’, menjelaskan mengenai peran orangtua dan membagi tugas antara guru dan orangtua dalam pelaksanaannya. Dalam proses pelaksanaan bimbingan shalat, yakni setiap siswa diberikan ‘Buku Saku Monitoring’, dan pada proses pelaksanaannya yakni dengan mengisi kolom dalam buku, yakni terdapat kolom shalat wajib, shalat sunnah, bacaan al-qur’an dan paraf guru dan orangtua. Pengisian buku tersebut dilakukan setiap hari dan ditandatangani oleh orangtua kemudian akan diperiksa oleh guru mata pelajaran pertama, sedangkan pelaksanaan evaluasi dengan cara evaluasi mandiri, yakni antara walikelas dengan guru mata pelajaran pertama, dengan waktu relatif dan hasilnya akan dirapatkan saat kenaikan kelas. Selain itu, proses bimbingan keagamaan dilakukan setiap hari melalui mata pelajaraan keagamaan, seperti Akidah Akhlak, Qur’an Hadist, Fiqih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Dari program tersebut, bentuk kedisiplinan shalat yang dirasakan oleh siswa MTs Negeri 2 Kota Bandung, dari hasil angket tertutup yakni dari 9 pernyataan, 5 pernyataan yang berhasil. Dengan demikian, bahwa kedisiplinan siswa dalam melaksanakan shalat di MTs Negeri 2 Kota Bandung, berhasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan;Monitoring;Evaluasi;Kedisiplinan |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Riska Karmilah |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 02:45 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 07:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/63174 |
Actions (login required)
View Item |