Pesan dakwah bersyukur dan berbagi dalam animasi Si Aa : Analisis isi pada animasi Si Aa episode Pengorbanan Demi Anak Jalanan

Pratama, Yoga Candra (2022) Pesan dakwah bersyukur dan berbagi dalam animasi Si Aa : Analisis isi pada animasi Si Aa episode Pengorbanan Demi Anak Jalanan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy

Abstract

Film animasi merupakan salahsatu media komunikasi massa yang sangat ampuh dan banyak disukai oleh beberapa kalangan terkhusus anak-anak, tidak sekedar untuk hiburan semata, tapi animasi juga bisa digunakan sebagai media untuk penerangan dan pendidikan. Film animasi dapat berisikan pesan-pesan moral, juga banyak digunakan sebagai alat bantu memahami banyak hal, dan memberikan berbagai macam penjelasan. Film animasi juga dapat dimanfaatkan sebagai media untuk berdakwah. Di era digital ini, kegiatan dakwah dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai media seperti TV, media cetak, radio, dan media internet seperti youtube, instagram, tiktok, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui imbauan pesan bersyukur dan berbagi pada animasi si Aa episode pengorbanan demi anak jalanan, serta bentuk pesan bersyukur dan berbagi dalam animasi si Aa episode pengorbanan demi anak jalanan. Imbauan pesan serta bentuk pesan bersyukur dan berbagi dalam animasi si Aa, diperoleh melalui pendekatan analisis isi dengan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan merupakan sumber data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan kepustakaan. Kesimpulan dari penelitian tentang Pesan Bersyukur dan Berbagi dalam Animasi Si Aa episode pengorbanan demi anak jalanan adalah pesan yang disampaikan yaitu pesan bersyukur dan berbagi. Pesan tersebut disampaikan dengan menggunakan imbauan motivasional, imbauan rasional, imbauan emosional, imbauan ganjaran, dan imbauan takut. Adapun bentuk pesannya yaitu bersifat Instruktif atau perintah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Bersyukur; Berbagi; Animasi; RANS Entertainment
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yoga Candra Pratama
Date Deposited: 06 Mar 2023 04:16
Last Modified: 06 Mar 2023 04:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63192

Actions (login required)

View Item View Item