Tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti

Wiradinata, Abdul Aziz (2022) Tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (884kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa guru PAI kelas XI telah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dalam proses pembelajaran untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa karena pasca pandemi covid-19. Namun pada kenyataannya terdapat keanekaragaman tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together. Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). (2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. dan (3) Hubungan tanggapan siswa terhadap pengunaan model pembelajaran kooperatif tipe (NHT) dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti. Berdasarkan teori yang ada, tanggapan termasuk kedalam faktor internal motivasi. Pada penelitian ini, akan meneliti tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together yang di asumsikan dapat meningkatkan motivasi belajar mereka. Penelitian ini menggunakan: (1) Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode kuantitatif kolerasional. (2) Responden 35 orang siswa Kelas XI OTKP 1 SMKN 1 Cianjur. (3) Alamat pengumpul data: observasi, angket, dan dokumentasi. 4) Analisis data penelitian menggunkan dua pendekatan yaitu analisis deskriptif dan analisis kolerasi. Dengan langkah – langkah: (1) Menyiapkan instrumen penelitian yaitu angket. (2) Mengambil data ke lapangan yaitu di kelas XI OTKP 1 SMKN 1 Cianjur. (3) Menganalisis data. dan (4) Menyimpulkan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan (1) tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together termasuk pada kategori positif dengan rata-rata 4,14. Angka tersebut ada pada interval 3,40 – 4,19. (2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan BP termasuk pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata 4,39. Angka tersebut ada pada interval 4,20 – 5,00. (3) Hubungan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI dan BP adalah: (a) Koefisien korelasi termasuk pada kategori kuat sebesar 0,79. (b) Hipotesis diterima (thitung (6,55) > ttabel (1,69236.). dan (c) Derajat pengaruh variable X terhadap Y sebesar 62%. Ini menunjukan masih ada faktor yang mempengaruhi sebesar 38%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: tanggapan; numbered head together; motivasi belajar;
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdul Aziz Wiradinata
Date Deposited: 18 Jan 2023 07:14
Last Modified: 18 Jan 2023 07:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63199

Actions (login required)

View Item View Item