Pembinaan akhlak berbasis kearifan lokal di MTs Al-Falah : Studi deskriptif tentang proses pembinaan akhlak berbasis kearifan lokal di MTs Al-Falah Linggamanik Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut

Fatmawati, Fatmawati (2022) Pembinaan akhlak berbasis kearifan lokal di MTs Al-Falah : Studi deskriptif tentang proses pembinaan akhlak berbasis kearifan lokal di MTs Al-Falah Linggamanik Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Masyarakat Cikelet sebagai masyarakat yang berada dalam lingkungan budaya yang sangat khas, sehingga lingkungan budaya tersebut membentuk perilaku masyarakat dalam berkehidupan seperti kehidupan rumah tangga, kehidupan dalam mata pencaharian, kehidupan beragama dan sebagainya. Seperti hal nya masyarakat cikelet yang selalu membudayakan kebiasaan berdo’a, bersyukur, bersilatuhrahmi dan sebagainya. Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut). Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui Kearifan lokal yang dilakukan di MTs Al-Falah Linggamanik Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut 2) Mengetahui Tujuan Pembinaan Akhlak berbais Kearifan Lokal di Mts Al-Falah Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut, 3) Mengetahui Proses Pembinaan Akhlak berbasis Kearifan Lokal di MTs Al-Falah Linggamanik Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut, 4) Mengetahui evaluasi Pembinaan Akhlak berbasis Kearifan Lokal di MTs Al-Falah Linggamanik Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut, 5) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Pembinaan Akhlak berbasis Kearifan Lokal di MTs Al-Falah Linggamanik Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut. Penelitian ini didasari oleh tujuan terbentuknya akhlak peserta didik yang baik dan berbudi pekerti serta berbudaya melalui proses pendidikan ekstrakulikuler dan evalusi siswa dengan menggunakan rubrik penilaian dari diri sendiri dan teman sejawat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi dengan sumber data guru mata pelajaran, dan siswa. Sedangkan untuk menganalisis data dilakukan reduksi data, display data dan verifikasi (menarik kesimpulan). Berdasarkan data dan hasil penelitiian dapat diketahui bahwa Proses proses Pembinaan Akhlak berbasis kearifan lokal di MTs Al-Falah Linggamanik Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut terdapat dari beberapa tradisi diantaranya 1) Tahlilan, 2) Ziarah Kubur,3) Shalat Ghaib,4) Dibaan, dan 5) Nyorog yang bertujuan untuk menanamkan akhlak yang mulia pada siswa dan menanamkan sikap kepedulian siswa terhadap kearifan lokal yang ada di Desa Linggamanik. Adapun faktor pendukungnya adalah keberadaan masjid DKM Al-Falah yang sering mengadakan pengajian dan masyarakat yang masih menjalankan tradisi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akhlak; Pembinaan; Kearifan lokal
Subjects: Islam
Islam > Specific Moral Issues
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatmawati Fatmawati
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:21
Last Modified: 07 Mar 2023 08:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63203

Actions (login required)

View Item View Item