Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Agrowisata Taman Gunung Wayang: Studi di Taman Gunung Wayang Gunungendut Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumo

Suganda, Aula Dzi Rusydi (2022) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Agrowisata Taman Gunung Wayang: Studi di Taman Gunung Wayang Gunungendut Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumo. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di masyarakat baik di bidang sosial, lingkungan, bahkan ekonomi. Pemberdayaan sumber daya manusia merupakan salah satu kunci yang dapat dilakukan, yang hanya akan menyeluruh, karena dengan memberdayakan manusia terlebih dahulu maka masalah di bidang lainnya akan dapat mereka selesaikan. Di Desa Gunungendut kegiatan pemberdayaan sudah mulai terlihat secara signifikan, hal ini dilatarbelakangi dengan dibangunnya agrowisata dengan konsep pertanian dan lingkungan yang dibangun di bawah kaki Gunung Wayang dengan luas 10 Ha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pemberdayaan melalui pembangunan agrowisata taman gunung wayang. Di dalamnya membahas bagaimana program dan proses serta hasil pemberdayaan ekonomi yang dilakukan melalui agrowisata Taman Gunung Wayang. Dengan dilakukannya hal tersebut maka diharapkan akan terciptanya sebuah lingkungan dan masyarakat yang berdaya dari segi ekonomi maupun sosial dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan yang diutarakan oleh Kartasasmitha, teori ekonomi yang diutarakan oleh Mankiw, dan teori agrowisata yang diutarakan oleh Sutjipta. Kemudian penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode ini merupakan metode yang bertujuan untuk mendeskripsikan ataupun menggambarkan kejadian-kejadian yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembangunan agrowisata Taman Gunung Wayang memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan ekonomi di Kampung Sinagar. Dengan memanfaatkan alam berupa lahan pertanian dan perkebunan, masyarakat Kampung Sinagar dapat memperoleh keuntungan. Karena, agrowisata Taman Gunung Wayang menciptakan daya tarik sendiri di mata pengunjung. Bagi masyarakat Kampung Sinagar, dengan banyaknya wisatawan memperoleh kesempatan untuk berusaha dengan menyediakan jasa dan menjual produk yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Pemberdayaan ekonomi masyarakat; Agrowisata
Subjects: Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Aula Dzi Rusydi Suganda
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:32
Last Modified: 06 Jan 2023 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63207

Actions (login required)

View Item View Item