Peran Rukun Warga dalam memberdayakan masyarakat melalui pengelolaan sampah: Studi deskriptif di Kampung Inspirasi Desa Jati Endah RW 17 Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung

Safitriningsih, Ijah (2022) Peran Rukun Warga dalam memberdayakan masyarakat melalui pengelolaan sampah: Studi deskriptif di Kampung Inspirasi Desa Jati Endah RW 17 Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy

Abstract

Rukun Warga (RW) memiliki peran khusus dalam pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk mengembangkan potensi warga masyarakat baik itu secara individu maupun kelompok, sehingga dapat terciptanya kemandirian masyarakat. Terlepas daripada itu, permasalahan lingkungan yang masih sering ditemukan ialah masalah sampah, maka dari itu cara yang tepat untuk menanggulanginya yaitu dengan cara mengelola sampah tersebut. Adapun solusi yang dapat dilakukan terkait permasalahan sampah ialah mengadakan Bank Sampah sebagai kegiatan masyarakat dalam memilah sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah di Bank Sampah Kampung Inspirasi RW 17 Desa Jati Endah serta keberhasilan daripada program pemberdayaan masyarakat yang di lakukan melalui pengelolaan sampah. Penelitian ini didasarkan pada teori peran menurut Soerjono Soekanto dan teori pemberdayaan masyarakat menurut Edi Suharto, yang menjelaskan bahwa pemberdayaan merupakan suatu proses dan hasil yang ingin dicapai dari kegiatan pemberdayaan yang dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, serta pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini ialah tafsir logika yang dihubungkan dengan konteks Pengembangan Masyarakat Islam. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: warga masyarakat RW 17 Desa Jati Endah telah mampu mengatasi permasalahan sampah dengan mendirikan Bank Sampah Kampung Inspirasi. Program pemberdayaan yang dilakukanpun telah dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian warga masyarakat terhadap sampah. Selain dari mengatasi permasalahan lingkungan, program pemberdayaan ini mampu meningkatkan pengetahuan serta kemampuan warga masyarakat RW 17 Desa Jati Endah dalam hal pengelolaan sampah. Adapun keberhasilan yang di dapat tidak terlepas daripada peran Rukun Warga serta warga masyarkat dalam mengatasi permasalahan lingkungan yang ada melalui pengelolaan sampah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Pemberdayaan; Masyarakat; Pemberdayaan Masyarakat; Pengelolaan Sampah
Subjects: Factors Affecting Social Behaviour > Human Ecology
Communities > Community Sociology
Communities > Villages
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ijah Safitriningsih
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:23
Last Modified: 06 Jan 2023 07:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63221

Actions (login required)

View Item View Item