Manajemen pemberdayaan remaja masjid dalam optimalisasi kegiatan keagamaan : Studi deskriptif di Masjid Asyuro gang Hidayah III, kelurahan Melong kecamatan Cimahi Selatan

Ramadhan, Rivaldi (2022) Manajemen pemberdayaan remaja masjid dalam optimalisasi kegiatan keagamaan : Studi deskriptif di Masjid Asyuro gang Hidayah III, kelurahan Melong kecamatan Cimahi Selatan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy

Abstract

Dampak pandemi dirasakan oleh semua kalangan termasuk para mahasiswa dan para pelajar, yang mana dengan adanya pandemi ini menyebabkan kegiatan mereka terpaksa harus ditunda, sekolah atau kuliah diliburkan sementara, semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara online, hal ini mengakibatkan anak-anak kurang produktif. Peraturan di daerah yang masuk zona merah sangat ketat, tapi tidak di Kelurahan Melong, kasus pandemi disini cukup rendah, sehingga kegiatan yang masih bisa dikontrol tetap dilaksanakan, seperti pelaksanaan shalat berjamaah. Banyak para remaja yang melakukan shalat berjamaah, hal tersebut direspon positif oleh pihak pengelola Masjid dan diadakan pemberdayaan para remaja masjid, melihat antusias yang cukup tinggi dari remaja. Adapun fokus penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan yang dilakukan oleh pengelola Masjid yang dianggap mumpuni dalam hal pemberdayaan remaja masjid. Dampak pandemi dirasakan oleh semua kalangan termasuk para mahasiswa dan para pelajar, yang mana dengan adanya pandemi ini menyebabkan kegiatan mereka terpaksa harus ditunda, sekolah atau kuliah diliburkan sementara, semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara online, hal ini mengakibatkan anak-anak kurang produktif. Peraturan di daerah yang masuk zona merah sangat ketat, tapi tidak di Kelurahan Melong, kasus pandemi disini cukup rendah, sehingga kegiatan yang masih bisa dikontrol tetap dilaksanakan, seperti pelaksanaan shalat berjamaah. Banyak para remaja yang melakukan shalat berjamaah, hal tersebut direspon positif oleh pihak pengelola Masjid dan diadakan pemberdayaan para remaja masjid, melihat antusias yang cukup tinggi dari remaja. Adapun fokus penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan yang dilakukan oleh pengelola Masjid yang dianggap mumpuni dalam hal pemberdayaan remaja masjid.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pemberdayaan
Subjects: Islam > Other Practices
General Management > Manajement for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Rivaldi Ramadhan
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:48
Last Modified: 06 Jan 2023 07:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63227

Actions (login required)

View Item View Item